Sukses

Parenting

5 Obat Batuk Anak dari Bahan Alami yang Aman dan Mudah Dicari

Fimela.com, Jakarta Batuk merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada setiap orang termasuk anak-anak. Batuk adalah respon alami tubuh terhadap zat atau partikel berbahaya di saluran pernafasan. Mengutip dari laman parents.com, batuk bisa sembuh dengan sendirinya melalui istirahat cukup dan pemenuhan nutrisi tubuh. Tapi, jika batuk ini dialami oleh si kecil, ini perlu penanganan yang lebih baik lagi. 

Batuk pada anak sering kali menyebabkan ketidaknyamanan. Ada beragam hal yang bisa menyebabkan batuk pada anak. Hal tersebut mulai dari kelelahan, polusi udara, polusi air, makanan atau minuman. Penanganan batuk pada anak bisa dengan memberinya obat yang dijual di apotek atau klinik kesehatan. Batuk pada anak juga bisa ditangani di rumah dengan obat alami di rumah. 

Berikut adalah beberapa obat batuk anak dari bahan alami yang dipercaya aman. Tak hanya aman, obat-obatan ini juga mudah dicari di sekitar kita.

Madu

Obat batuk anak alami yang pertama ada madu. Madu dipercaya bisa meredakan radang dan sakit pada tenggorokan. Madu bahkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Madu menjadi salah satu makanan dengan segudang manfaat untuk kesehatan.

Probiotik

Probiotik bekerja menyeimbangkan bakteri baik di dalam usus. Probiotik baik untuk meningkatkan kesehatan termasuk mengatasi masalah batuk. Adapun makanan yang mengandung probiotik antaranya yogurt, tahu, tempe, kimchi, kedelai, kerfir serta kombucha. 

Jahe

Jahe juga bisa menjadi obat alami untuk batuk anak. Caranya adalah seduh sedikit jahe dengan air hangat kemudian berikan ke anak sebagai obat batuk. Berikan seduhan jahe secara rutin 2 sampai 3 kali pada anak agar batuk yang dialami lekas reda.

Air Garam

Air garam juga bermanfaat sebagai obat alami batuk pada anak. Campurkan sedikit garam dengan air hangat kemudian minta anak berkumur dengan air garam tersebut. Lakukan hal ini secara rutin dua sampai tiga kali sehari agar batuk anak lekas reda.

Air Putih

Pastikan anak mengonsumsi air putih cukup setiap harinya terutama saat ia batuk. Memenuhi cairan tubuh anak tak hanya mengobati batuk anak tetapi juga membuat anak terhindar dari masalah kesehatan lain. 

Itulah sekian obat batuk alami anak yang bisa dicari dengan mudah di rumah. Jika Mom mendapati buah hati batuk yang disertai dengan gejala lain, jangan tunggu lama untuk segera membawa buah hati ke dokter atau ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading