Sukses

Health

Bahan yang Bisa Digunakan Untuk Meredakan Sakit Gigi yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki peranan penting. Gigi berfungsi untuk menggunyah dan menghaluskan makanan sebelum masuk ke lambung. Kehilangan salah satu gigi akan membuat fungsi tersebut tidak berjalan dengan sempurna.

Bayangkan salah satu gigimu sakit. Tentu kamu akan kesulitan dalam mengunyah dan menghaluskan makanan yang kamu makan. Pasti jadi terasa tidak nyaman ketika makan. Akhirnya asupan makanan yang kamu makan jadi berkurang, dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh jadi tidak terpenuhi. Kekurangan nutrisi bisa membuat kekebalan tubuh menurun dan terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu, gigi adalah organ tubuh yang sangat penting. Jika gigi sakit, harus segera ditangani sebelum semakin parah dan mengganggu kerja organ lainnya.

Terkadang gigi yang sakit bisa diredakan dengan obat anti nyeri yang bisa dengan mudah dibeli di apotek. Namun ada kalanya kamu sakit gigi dan kesulitan membeli obat tersebut sendiri. Tidak perlu khawatir, bahan-bahan alami ini bisa meringankan rasa sakit gigi yang kamu rasakan. Yuk simak artikelnya.

Coba Redakan Sakit Gigi dengan Bahan-bahan Ini

1. Air Garam

Air garam sudah jadi resep turun temurun untuk meredakan nyeri gigi secara tradisional. Air garam dapat digunakan untuk berkumur pada daerah yang terasa sakit. Obat alami satu ini dipercaya cukup efektif meredakan nyeri gigi, kamu cukupi mencampurkan setengah sendok garam dalam air minum, lalu berkumur selama 30 detik dan buang.

2. Kompres dengan Es

Es batu bisa membantu meringankan rasa nyeri yang kamu rasakan pada gigimu. Lapisi es batu menggunakan kain maupun handuk atau kamu juga bisa membeku ice pack. Tempelkan pada bagian pipi yang terasa nyeri dan diamkan sementara. Agar lebih efektif, kamu bisa mengulanginya hingga beberapa kali setiap jam.

3. Bawang Putih

Bawang putih dapat meredakan nyeri dan ngilu pada gigi, karena mengandung antibakteri yang dapat melawan peradangan di mulut. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengunyah bawang putih tersebut.

Pilih bawang putih yang masih segar dan mengupasnya lebih dulu. Setelahnya cuci dan potong bawa putih dan kunyah didekat bagian gigi yang sakit.

4. Minyak Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sejak turun temurun, karena minyaknya dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada gigi. Cengkeh juga mengandung mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak cengkeh pada daerah yang terasa nyeri.

5. Bawang Merah

Bawang merah ternyata juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi, karena memiliki antiseptik dan antimikroba alami yang dapat meredakan nyeri dan ngilu dari sakit gigi.

Kunyahlah bawang merah segera bila gigi mulai terasa nyeri. Kamu juga bisa mengulangnya selama beberapa kali hingga merasa nyeri mulai membaik.

Lidah Buaya Juga Bisa Redakan Sakit Gigi

6. Lidah Buaya

Gel dari daging lidah buaya telah lama digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan luka ringan. Namun, sekarang lidah buaya juga digunakan untuk meredakan nyeri pada gusi.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat ‘menghancurkan’ kuman penyebab kerusakan gigi.

7. Daun Sirih

Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, daun sirih juga berfungsi untuk mengurangi peradangan pada gusi. Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada sirih memiliki fungsi sebagai zat antioksidan, antibakteri, antiseptik, dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri dalam mulut.

Cara membuatnya yaitu, dengan merebus daun sirih dan cengkeh secukupnya, lalu diamkan sampai air mendidih dan tiriskan.

8. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga cukup ampuh untuk mengatasi sakit gigi dengan cepat yang disertai gusi bengkak. Caranya juga cukup praktis, siapkan jeruk nipis lalu peras.

Kemudian campur air perasan tersebut dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini secara teratur.

9. Ekstrak Vanili

Ekstrak vanili mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan nyeri. Ekstrak Vanili juga memiliki antioksidan yang dipercaya dapat menyembuhkan nyeri pada gigi secara efektif.

Untuk menggunakannya, kamu dapat oleskan sedikit ekstrak vanili ke jari atau kapas. Oleskan langsung pada area yang terasa nyeri beberapa kali sehari.

10. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sudah terbukti dapat meringankan nyeri dan ngilu pada gigi. Daun jambu biji sendiri memiliki analgesik dan anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit gigi ringan.

Kamu bisa mengunyah satu atau dua daun jambu biji hingga nyeri gigi mereda, atau merebus air daun jambu biji untuk dijadikan obat kumur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading