Sukses

Health

5 Makanan yang Wajib Dihindari saat Diare agar Tidak Semakin Parah

Fimela.com, Jakarta Diare merupakan masalah kesehatan yang sangat umum terjadi. Diare ditandai dengan gejala buang air besar (BAB) yang terus menerus, bertekstur encer dan menyebabkan ketidaknyaman di perut. Diare bisa juga disertai dengan mual hingga muntah. Umumnya, masalah kesehatan ini bisa sembuh dengan sendirinya melalui istirahat cukup, memenuhi kebutuhan cairan dan konsumsi obat diare. 

Selama diare, mengutip dari laman insider.com, ada beberapa makanan yang wajib untuk dihindari. Beberapa makanan ini bisa memperparah diare yang dialami. Tak hanya orang dewasa, makanan ini juga wajib dihindari oleh anak-anak yang mengalami diare. Berikut makanan yang wajib dihindari selama diare tersebut.

Makanan Pedas

Makanan pertama yang wajib dihindari saat diare adalah makanan pedas. Makanan pedas akan membuat diare semakin parah. Ini tak hanya menyebabkan BAB yang berlangsung terus menerus tetapi juga meningkatkan risiko sakit perut. Makanan pedas juga memungkinkanmu mengalami sensasi panas di dubur atau anus.

Makanan Berempah Kuat

Umumnya, rempah-rempah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun, manfaat rempah-rempah tak akan maksimal saat kamu mengalami diare. Yang ada, makanan dengan rempah kuat sebaiknya dihindari selama diare. Makanan yang berempah kuat disinyalir bisa memperparah diare. Ini juga kurang baik untuk sistem pencernaan.

Makanan Berminyak dan Berlemak

Makanan yang berminyak dan berlemak juga wajib dihindari saat menderita diare. Makanan ini bisa membuat sistem pencernaan bekerja kurang maksimal. Makanan ini bisa memicu diare yang lebih parah. Ini bahkan bisa memicu masalah kesehatan pencernaan yang lebih buruk ke depannya.

Makanan Mengandung Gas

Aneka makanan yang mengandung gas bisa memperburuk gejala diare. Makanan yang mengandung gas seperti sayur bayam, sayu kol, soda dan brokoli bisa membuat perut kembung selama diare. Makanan ini juga membuat perut terasa tidak nyaman, terasa penuh dan diare tak kunjung sembuh. Kamu berpotensi buah angin lebih sering saat diare dan mengonsumsi aneka makanan ini.

Kafein

Konsumsi minuman berkafein tinggi seperti teh dan kopi selama diare justru akan memperparah diare yang kamu alami. Kandungan kafein bisa menyerap cairan dalam tubuh secara lebih cepat selama diare. Jika ini terjadi, tubuhmu bisa kekurangan cairan, kamu merasa mudah lelah dan lemas. Ini bahkan bisa memicu dehidrasi yang parah.

Itulah sekian makanan yang wajib dihindari selama diare agar masalah kesehatan tersebut tidak bertambah parah. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading