Sukses

Health

4 Makanan yang Lebih Berbahaya dari Rokok, Bisa Sebabkan Kanker

Fimela.com, Jakarta Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan yang ditakuti oleh hampir semua orang. Bagaimana tidak, kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan yang bisa menyerang siapa saja. Anak-anak hingga orang dewasa tak luput dari risiko penyakit ini. 

Mengutip dari laman healthline.com, kanker bisa disebabkan oleh banyak hal. Pola hidup yang tak sehat, polusi dan genetik dipercaya sebagai penyebab umum dari kanker. Para ahli juga mengungkapkan jika pola hidup tak sehat erat kaitannya dengan makanan. Ada beberapa makanan enak yang ternyata justru bisa meningkatkan risiko kanker. Bahaya dari makanan ini bahkan dipercaya bisa lebih besar daripada bahaya rokok. 

Makanan apa saja kira-kira yang bisa meningkatkan kanker?

Daging Merah

Daging merah sebenarnya kaya akan protein yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, jika daging merah dikonsumsi secara berlebihan dan cara memasak yang tak benar, ini bisa sangat berbahaya. 

Daging merah berupa daging sapi, daging kambing atau babi yang dikonsumsi secara terus menerus, bisa menyebabkan penumpukan lemak dan kolesterol. Makanan ini juga bisa meningkatkan risiko kanker, diabetes, obesitas, jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Makanan Instan

Aneka makanan instan umumnya memiliki cita rasa yang lezat. Makanan ini juga tahan lama dan praktis. Namun sayangnya, makanan instan sangat tidak baik buat kesehatan. Apalagi jika makanan ini dikonsumsi secara terus menerus. 

Para ahli menemukan jika makanan instan berpotensi memiliki zat akrilamida, sebuah zat yang memicu munculnya sel kanker dalam tubuh. Beragam zat kimia lain seperti pemanis  buatan, penyedap, pengawet dan pewarna makanan juga sangat tidak baik. Makanan instan menjadi salah satu makanan yang ternyata lebih berbahaya jika dibandingkan rokok.

Makanan Tinggi Gula

Makanan manis yang tinggi gula memang enak dan menenangkan. Namun tahukah kamu, makanan tinggi gula bisa memicu beragam masalah kesehatan. Makanan ini juga bisa meningkatkan jumlah sel kanker dalam tubuh. 

Studi menemukan jika makanan tinggi gula lebih berbahaya dari rokok. Makanan tinggi gula sangat tidak baik jika dikonsumsi secara terus menerus. Apalagi jika makanan ini dikonsumsi melebihi batas kebutuhan tubuh setiap harinya.

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng memiliki rasa yang enak. Umumnya, makanan ini juga tahan lebih lama. Namun sayang, makanan yang digoreng tinggi lemak, kolesterol serta zat lainnya. Konsumsi makanan yang digoreng secara terus menerus bisa meningkatkan beragam masalah kesehatan. Salah satu masalah tersebut adalah risiko kanker. 

Itulah sekian makanan yang nyatanya lebih berbahaya jika dibandingkan dengan rokok. Untuk menghindari bahaya dari aneka makanan di atas, penting bagi kita untuk membatasi makanan tersebut setiap harinya. Penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan alami. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading