Sukses

Health

11 Tanda Kehamilan yang Bisa Dilihat Selain Mual dan Muntah

Fimela.com, Jakarta Umumnya, kehamilan di trimester pertama ditandai dengan gejala mual atau muntah. Hampir sebagian besar perempuan hamil akan merasa mual di minggu pertama kelahirannya. Tapi, tidak sedikit perempuan tanpa merasakan mual sama sekali saat hamil. Beberapa perempuan tidak bisa merasakan perbedaan signifikan saat dia hamil dan saat dia tidak hamil. 

Meski tidak mual atau muntah, tanda kehamilan bisa dilihat dari berbagai hal Sahabat Fimela. Kamu pun bisa melihat tanda ini dengan mudah jika kamu teliti dan jeli. Mengutip dari laman healthline.com, berikut beberapa tanda kehamilan selain mual dan muntah.

Tanda Kehamilan Selain Mual dan Muntah

Ada beragam tanda kehamilan selain mual dan muntah yang bisa kita rasakan atau lihat saat kita hamil muda. Berikut beberapa tanda tersebut. 

  1. Telat menstruasi. Nyaris semua perempuan akan mengalami telat menstruasi atau telat haid saat hamil. Jika kamu melakukan hubungan intim rutin tanpa pengaman, dan mendapati telat menstruasi. Coba segera cek apakah kamu hamil atau tidak. 
  2. Berubahnya suasana hati. Perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan bisa membuat suasana hati jadi makin baik atau sebaliknya. 
  3. Beberapa perempuan mengalami mimisan saat dirinya hamil. Perubahan hormon dalam tubuh juga bisa menyebabkan mimisan. 
  4. Kamu akan lebih peka terhadap bau saat hamil. Beberapa makanan yang sangat kamu sukai baunya, bisa saja akan membuatmu merasa sangat membencinya. 
  5. Perempuan hamil akan lebih sering buang air kecil mulai dari trimester pertama hingga trimester ketiga. 
  6. Ibu hamil bisa saja mengalami momen keluarnya darah dari miss V. Ini menandai telah terjadi implantasi dalam kandungan. Darah karena hamil biasanya lebih sedikit dengan warna kecokekatan atau merah muda. 
  7. Sama dengan menjelang menstruasi, kehamilan bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Ada beberapa perempuan yang jerawatnya makin banyak saat hamil. Tapi tidak sedikit perempuan yang justru sembuh dari masalah jerawat selama hamil. 
  8. Ibu hamil ditandai dengan sembelit atau kondisi susah buang air besar. 
  9. Sama seperti menjelang menstruasi, saat hamil payudara juga akan terasa lebih kencang. Tak hanya itu saja, saat hamil payudara juga akan terasa lebih berisi serta besar. 
  10. Pusing juga menjadi tanda dari kehamilan. Ini terjadi karena tekanan darah rendah yang hampir dialami oleh semua perempuan di awal kehamilannya. 
  11. Perempuan yang sedang hamil juga bisa merasakan rasa aneh di mulut. Rasa itu bisa berupa rasa logam atau sejenis. Ini jua berkaitan dengan semakin pekanya indera penciuman ibu hamil. 

Itulah sekian tanda kehamilan selain mual dan muntah. Untuk lebih yakin akan kehamilanmu, pastikan untuk melakukan tes kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading