Sukses

Health

5 Manfaat Kunyit untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sudah terbiasa melihat kunyit di antara jajaran bumbu dapur kamu. Keberadaannya yang mudah ditemui membuat masyarakat tidak asing lagi dengan tanaman toga yang satu ini. Warna kuningnya yang khas selain memberi warna pada makanan juga pada kain untuk banyak keperluan. 

Masyarakat sudah lama memanfaatkan kunyit untuk mendapatkan khasiatnya. Banyak jamu-jamu tradisional yang memasukkan kunyit di dalam bahan pembuatannya. Di samping berkhasiat untuk kesehatan tubuh, lebih spesifik kunyit juga memiliki manfaat untuk kulit, loh. 

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak 5 manfaat kunyit untuk kesehatan kulit yang dilansir dari situs skinkraft.

Membuat Kulit Lebih Cerah dan Glowing

Di dalam kunyit dipercaya terdapat banyak kandungan baik yang bantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak berkilau atau glowing. Benar saja, sebab kandungan antioksidan yang kaya pada kunyit terbukti membantu kulit mengembalikan kilau cerahnya dan mengatasi hiperpigmentasi. 

Membantu Mengatasi Jerawat

Sudah jadi rahasia umum kalau masker kunyit digunakan untuk mengatasi jerawat. Sebab di dalam kunyit terdapat senyawa anti peradangan alami yang bisa mengobati jerawat di kulit. Senyawa curcumin yang kaya pada kunyit juga mengambil peran penting dalam pencegahan timbulnya jerawat.

Mengobati Psoriasis

Jika kamu memiliki penyakit kulit yang satu ini, penting untuk mengetahui bahwa kandungan anti bakteri dan anti peradangan yang terdapat pada kunyit bisa membantu mengobati psoriasis. Selain mengandalkan obat-obatan yang sudah diresepkan dokter, kamu juga bisa menggunakan kunyit. Tanyakan pada dokter kulitmu tentang dosis yang bisa diterima oleh kulit kamu.

Memudarkan Lingkaran Hitam Mata

Buat kamu yang memiliki pola tidur buruk, lingkaran hitam pada mata atau biasa disebut mata panda adalah sahabat yang selalu menamani wajah cantikmu. Tak jarang hal itu menarik perhatian banyak orang dan membuatmu tidak percaya diri. Namun tenang saja, kunyit juga memiliki manfaat untuk memudarkan mata panda yang kamu punya. 

Melembapkan Kulit

Kulit kering akibat udara dingin adalah masalah yang biasa muncul saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini. Penting untuk kamu menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi. Memanfaatkan masker kunyit bisa kamu lakukan karena kunyit mampu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan regenerasi kulit baru.

Kamu bisa memanfaatkan kandungan baik pada kunyit dengan membuatnya menjadi masker atau dengan menggunakan produk yang mengandung kunyit. Hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah selalu mengetes masker kunyit di kulit tanganmu sebelum mengaplikasikan ke wajah atau ke banyak tempat lain untuk mengetahui apakah kunyit memicu iritasi atau tidak. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading