Sukses

Health

5 Manfaat Kunyit yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Tentu sudah tidak asing lagi dengan kunyit bukan? Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk makanan maupun kesehatan. Remah satu ini memiliki warna kuning dan sudah digunakan selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dalam ramuan obat.

Terdapat bahan aktif di dalam kunyit yaitu kurkumin, merupakan efek anti inflamasi yang kuat serta antioksidan yang sangat kuat. Selain itu manfaat dari kurkumin yang terdapat pada kunyit sendiri dapat memberikan manfaat serta kesehatan dalam tubuh.

Jika biasanya rempah satu ini dijadikan tambahan pada makanan, kamu dapat mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh seperti di bawah ini:

1. Meningkatkan Kapasitas Antioksidan dalam Tubuh

Kerusakan oksidatif diyakini menjadi salah satu mekanisme yang baik untuk penuaan dan banyak penyakit, selain itu hal ini juga dapat melibatkan radikal bebas. Radikal bebas sendiri cenderung berekasi dengan zat penting. Memiliki antioksidan yang aktif tentu dapat bermanfaat karena melindungi tubuh dari radikal bebas.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Curcumin yang terdapat pada kunyit sendiri ternyata dapat membalikkan banyak manfaat untuk proses penyakit jantung, salah satunya adalah meningkatkan fungsi endothelium dalam tubuh. Selain itu curcumin juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Membantu Mengobati atau Mencegah Diabetes

Curcumin sendiri ternyata dapat membantu mengobati maupun mencegah diabetes, serta gangguan yang terkait lainnya. Selain itu manfaat lainnya juga dapat membantu menurunkan kadar insulin darah, kurkumin sendiri dapat menjadi pengobatan diabetes karena meningkatkan resistensi insulin.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Kunyit memiliki akar didalamya yang ternyata dapat mengobati radang sendiri, mengonsumsi ekstrak kunyit sendiri ternyata dapat berpotensi mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis.

5. Kunyit Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Adanya anti inflamasi, antimikroba, dan antioksidan lainnya menjadikan kulit salah satu obat yang cukup efektif untuk kondisi kulit atau jerawat. Perawatan pada curcumin sendiri ternyata dapat memiliki manfaat dan mengobati gangguan kulit lainnya.

Kunyit sendiri sering dijadikan sebagai obat untuk masalah kesehatan, maka dari itu ternyata banyak manfaat kesehatan yang terbuksi secara ilmiah untuk mengobati beberapa penyakit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading