Sukses

Health

Manfaat Kunyit dan Asam Jawa, Pereda Nyeri saat Haid

Fimela.com, Jakarta Pasti kamu tidak asing dengan kunyit atau asam jawa. Keduanya bisa meredakan nyeri haid. Kunyit mengandung sifat analgesik atau sebagai pereda nyeri, antipiretik seperti menurunkan suhu tubuh dan anti inflamasi. Asam jawa, di sisi lain, memiliki sifat antipiretik, anti-inflamasi, dan obat penenang. Campuran kedua bahan alami mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan dengan aman dan efektif. 

Tidak mengherankan jika kedua bahan alami tersebut dijadikan jamu ataupun obat herbal sederhana yang efektif. Biasanya, kamu sering menjumpai minuman ini dihidangkan ketika habis pijat refleksi atau setelah berolahraga, karena baik untuk melancarkan peredaran darah. Nah, berikut ini ada beberapa potensi yang wajib kamu tahu ketika mengkonsumsi kedua bahan herbal yang dilansir dari hellodoctor.

Membantu Meredakan Nyeri Haid

Ketika kamu sering mengalami kram jika menstruasi maka kamu harus mempertimbangkan kedua obat herbal ini sebagai minuman tradisional yang menangkal rasa nyeri. Kurkumin dalam kunyit mengurangi masuknya ion kalsium ke dalam sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menyebabkan nyeri dan bengkak. Sifat analgesik kunyit juga membantu obat antiinflamasi nonsteroid, seperti asam mefenamat, bekerja lebih baik dalam mengatasi nyeri haid. Khasiat kunyit semakin diperkuat dengan reaksi tanin, saponin, seskuiterpen, alkaloid dan phlebotomine pada asam jawa. Maka dari itu, zat ini mampu meredakan kontraksi rahim.

Kaya akan Antioksidan

Kunyit dan asam jawa mengandung antioksidan yang tinggi karena, senyawa kurkumin pada luyang dilaw mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi. Faktanya, banyak efek terapeutik kunyit disebabkan oleh kandungan antioksidannya. Begitu pula asam jawa juga mengandung fitokimia tersusun dari senyawa antioksidan fenolik yang baik untuk tubuh. Jika kamu ingin menambahkan lebih banyak antioksidan ke dalam makanan, sebaiknya lakukan dengan makanan segar dan alami, seperti kunyit dan asam jawa.

Membantu Penurunan Berat Badan

Secara terpisah, kunyit dan asam jawa dapat membantu menurunkan berat badan. Kamu bisa menangkal obesitas ataupun peradangan pada tubuh. Kamu bisa memaksimalkan kedua bahan tersebut dengan menggabungkannya juga. Kurkumin menekan respon inflamasi pada sel-sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, serta melawan kondisi metabolisme lain yang disebabkan oleh obesitas. Selain itu, kurkumin juga dapat mengurangi pertumbuhan jaringan lemak.

Nah itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi asam jawa ataupun kunyit baik secara bersamaan ataupun terpisah. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, jadi kamu bisa mengkonsumsinya diiringi dengan takar yang sesuai bagi tubuhmu. Semoga bermanfaat ya! 

Penulis: Yosefin Natalie 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading