Sukses

Health

Jamu Kunyit Asam dan Segudang Khasiatnya

Fimela.com, Jakarta Jamu kunyit asam adalah salah satu jenis jamu yang hingga saat ini masih dapat ditemui. Walaupun penjual jamu kini sudah relatif sulit ditemui. Jamu yang berwarna kuning dengan rasa asam yang khas ini terbuat dari kunyit dan asam jawa sebagai bahan utama.

Hingga saat ini, jamu kunyit asam masih menjadi favorit sebagian besar orang karena khasiatnya. Selain memiliki rasa asam yang menyegarkan. Khasiat jamu kunyit asam tidak perlu dipertanyakan lagi. Berikut adalah beberapa khasiat jamu kunyit asam untuk kesehatan!

Khasiat Jamu Kunyit Asam

1. Mengatasi nyeri haid

Saat menstruasi, otot rahim akan mengalami kontraksi yang mengakibatkan rasa nyeri pada bagian perut. Bagi beberapa perempuan, rasa nyeri saat haid dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk mengatasi nya adalah dengan mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan kurkumin pada kunyit yang berfungsi sebagai antiinflamasi mampu menenangkan kontraksi pada otot rahim. Selain itu, mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Oleh karena itu, konsumsi jamu kunyit asam saat menstruasi sangat dianjurkan.

2. Mencegah penuaan dini dan meningkatkan kesehatan kulit

Lagi-lagi, kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat membantu proses regenerasi pada kulit. Kandungan antioksidan pada kurkumin ternyata bertanggung jawab atas radikal bebas dan enzim, hal tersebut dapat membantu memperlambat proses penuaan. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat mencerahkan wajah dan membantu mengatasi bekas jerawat.

3. Meredakan stres

Selain antiinflamasi, ternyata kandungan kurkumin pada kunyit juga mampu merangsang otak untuk memproduksi serotonin dan dopamin yang bertanggung jawab atas rasa bahagia. Selain itu, kandungan antioksidan dan antiinflamasi juga mampu melindungi otak. Hal tersebut tentu berpengaruh pada perbaikan suasana hati.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Fungsi utama dari kandungan kurkumin pada kunyit adalah anti bakteri dan anti virus, sehingga sangat jelas bahwa mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan lipopoliskarida dalam kunyit juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengatasi peradangan sendi

Peradangan pada sendi dapat diatasi dengan konsumsi jamu kunyit asam. Walaupun tidak selalu bekerja untuk seluruh penderita radang sendi, kandungan kurkumin sebagai antiinflamasi jelas mampu membantu dan mengatasi peradangan pada sendi. Konsumsi jamu kunyit asam pada penderita peradangan sendi tentu akan maksimal jika dibarengi dengan pengobatan medis dan gaya hidup sehat.

6. Menurunkan kadar gula dan risiko penyakit jantung

Buah asam yang menjadi salah satu bahan pembuatan jamu kunyit asam memiliki kandunga magnesium dan polifenol. Kedua kandungan ini dikenal mampu mencegah penyakit diabetes.  Kunyit yang juga mengandung endim alpha-amilase ternyata mampu mengehentikan penyerapan karbohidrat dan menurunkan gula darah. Selain itu, kandungan kurkumin pada kunyit juga mampu meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah.  Oleh karena itu, konsumsi jamu kunyit asam sangat dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki riwayat diabetes maupun penyakit jantung.

7. Membantu penurunan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jamu kunyit asam mampu menjaga dan menurunkan kadar gula bahkan kolesterol. Kandungan kurkumin pada kunyit juga mampu mengatasi gangguan pencernaan. Sehingga, konsumsi jamu kunyit asam secara rutin mampu membantu proses penurunan berat badan. Tetapi, tetap harus dibarengi dengan olahraga, ya!

Kunyit sebagai salah satu rempah khas Indonesia memang memiliki banyak manfaat. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading