Sukses

Health

Biotin untuk Rambut, Apakah Vitamin Ini Benar-Benar Membuat Rambut Tumbuh Lebih Panjang?

Fimela.com, Jakarta Biotin memainkan peran utama di sebagian besar vitamin dan pil pertumbuhan rambut, karena kemampuannya untuk mempromosikan helaian rambut lebih kuat dan mengurangi kerontokan rambut. Biotin yang juga dikenal sebagai vitamin H dan vitamin B7, adalah vitamin yang larut dalam air yang ditemukan secara alami di banyak makanan, seperti telur, salmon, ubi jalar, almond, dan susu.

Biotin memainkan peran penting dalam tubuh, mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Biotin juga berperan dalam kesehatan rambut dan kulit kepala.

Keterlibatan biotin dalam sintesis protein dan produksi keratin memungkinkan vitamin ini berkontribusi pada pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat. Walaupun kita membutuhkan biotin untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi dan menjaga kesehatan rambut, menurut penelitian, kita hanya membutuhkannya dalam jumlah yang sangat kecil.

 

 

Manfaat biotin untuk rambut dan kuku

Dan sebagian besar individu yang sehat akan memenuhi kebutuhan ini hanya dengan makan makanan yang seimbang dan bervariasi. Kekurangan biotin yang sebenarnya sangat jarang terjadi, tapi jika tubuh kekurangan biotin, kamu mungkin mengalami penipisan rambut dan kuku menjadi rapuh.

Biotin sangat tidak mungkin mengatasi masalah kerontokan rambut, kecuali jika kamu memang benar-benar kekurangan biotin. Dalam hal ini, melengkapi biotin bisa membantu, tapi penting untuk menemui ahli terlebih dahulu yang bisa mengevaluasi kadar biotin bersama dengan potensi kekurangan nutrisi lainnya.

Jika kamu memutuskan untuk menambahkan biotin, ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 900 mikrogram atau kurang per hari. Walaupun kelebihan biotin tidak dianggap berbahaya, data tentang manfaat sebenarnya dari efek biotin pada pertumbuhan rambut masih terbatas.

Manfaat biotin untuk rambut dan kuku

Menurut penelitian yang dilakukan untuk menguji efek suplemen biotin pada pertumbuhan rambut, hasilnya menunjukkan bahwa perubahan kecil terjadi pada individu yang sehat. Hanya mereka yang kekurangan vitamin ini yang akan menemukan perbaikan dari mengonsumsi suplemen.

Ada beberapa manfaat lain dari mengonsumsi suplemen biotin untuk rambut, beberapa di antaranya adalah memperkuat, melindungi, dan mempromosikan kesehatan kulit kepala. Jika kamu kekurangan biotin, hasilnya akan terlihat dalam beberapa bulan.

Karena siklus pertumbuhan rambut dan fakta bahwa rambut hanya tumbuh setengah inci dalam sebulan, kamu mungkin akan melihat hasilnya setelah sekitar tiga bulan. Namun, kamu juga mungkin akan melihat perubahan positif pada kuku.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading