Sukses

Health

Simak Manfaat Lidah Buaya, Bisa Mengobati Kulit Gatal

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernahkah kamu mengalami masalah kulit yang gatal? Jika pernah bisa jadi itu terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya iritasi. Biasanya iritasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan terasa gatal. 

Saat ini telah tersedia berbagai jenis obat di pasaran yang dapat mengobati masalah kulit gatal. Namun, ada juga bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah kulit ini, salah satunya lidah buaya.

Dilansir dari medicalnewstoday.com lidah buaya merupakan pelembap alami yang dapat melembapkan dan menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi. Bahan alami ini juga telah digunakan selama ratusan tahun untuk mengobati berbagai penyakit kulit karena manfaatnya yang baik untuk kulit.

Selain itu, dikutip dari healthline.com lidah buaya memiliki sifat yang menenangkan, menghidrasi, dan menyembuhkan. Lidah buaya juga bersifat antiradang dan antimikroba, sehingga inilah alasannya mengapa beberapa ahli kesehatan merekomendasikan penggunaan lidah buaya untuk beberapa masalah iritasi dan ruam pada kulit.

Berdasarkan sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa lidah buaya juga menjadi rumah bagi 200 senyawa aktif yang berbeda seperti, vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat membantu mengobati berbagai kondisi kulit, seperti luka bakar ringan, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Manfaat lidah buaya untuk kulit

1. Menenangkan kulit terbakar dan iritasi

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat, salah satu manfaatnya adalah dapat menenangkan kulit yang terbakar dan mengobati iritasi dengan meningkatkan sintesis kolagen di kulit. 

Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa yang disebut aloin dan antrakuinon yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan.

Bagi Sahabat Fimela yang ingin menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka bakar, perlu memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah lidah buaya hanya dapat dioleskan pada luka bakar tingkat pertama, kedua ringan, hingga sedang. Bila Sahabat Fimela memiliki luka bakar yang parah memerlukan fasilitas medis yang memadai. 

2. Melembabkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk melembapkan kulit telah menjadi hal yang biasa. Lidah buaya memiliki kandungan humektan atau zat yang menarik air dari udara atau dari kulit yang lebih dalam. Hal tersebut dianggap sangat bermanfaat untuk jenis kulit kering, sehingga bagi Sahabat Fimela yang memiliki masalah kulit kering dan gatal dapat menggunakan lidah buaya untuk mengobatinya.

"Aloe secara khusus mengandung mucopolysaccharides, yang mengikat kelembapan ke dalam kulit," kata Ahli Kosmetik berbasis di New York, Michelle Green, M.D. 

"Ini juga memiliki efek kohesif dengan menyatukan sel-sel kulit epidermis yang mengelupas, menghasilkan kulit yang lebih lembut dan integritas kulit yang lebih baik." tambahnya. 

Manfaat lidah buaya untuk kulit

3. Menenangkan kondisi kulit

Masalah kulit seperti proasis merupakan kondisi peradangan yang menyebabkan timbulnya bercak merah, gatal, dan bersisik. Masalah kulit ini dapat diobati dengan campuran lidah buaya, tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik, anti bakteri, dan anti jamur yang dapat menghidrasi dan melindungi kulit dari masalah kulit lainnya.

Cara menggunakan lidah buaya untuk kulit gatal

  1. Oleskan lidah buaya secara merata ke area kulit yang terasa gatal. Sahabat Fimela dapat menggunakan produk yang terbuat dari 100 persen lidah buaya untuk menghindari masuknya kandungan bahan lain yang mungkin dapat mengiritasi kulit.
  2. Diamkan beberapa menit karena lidah buaya membutuhkan waktu unutk meresap ke dalam kulit sebelum mengering.
  3. Oleskan kembali lidah buaya setiap beberapa jam untuk mengobati masalah kulit yang dimiliki oleh Sahabat Fimela. Biasanya para ahli merekomendasikan untuk menggunakan lidah buaya dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading