Sukses

Health

9 Makanan Penurun Kolesterol, Baik Dikonsumsi Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh sangatlah berbahaya. Tingginya kadar kolesterol bisa meningkatkan beragam masalah kesehatan. Ini bahkan salah satu penyebab meningkatnya risiko jantung. 

Mengutip dari laman health.harvard.edu, tinggi rendahnya kolesterol dalam tubuh bisa disebabkan oleh pola makan. Beberapa makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan kolesterol naik. Namun, beberapa makanan lain bisa menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. 

Untuk menurunkan kolesterol yang berlebih, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dikonsuumsi. Makanan ini baik jika dikonsumsi sehari-hari.

Kacang-kacangan

Makanan pertama yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah kacang-kacangan. Makanan ini mengandung mineral, serat, protein nabati sehat dan aneka vitamin yang baik untuk tubuh. Jika mengonsumsi ikan atau daging, sajikan bersama kacang-kacangan untuk menetralisir kadar kolesterol yang mausk ke tubuh. 

Buah Alpukat

Makanan selanjutnya yang bisa menurunkan kadar kolesterol ada buah alpukat. Buah ini juga kaya asam folat dan omega 3 yang dipercaya menyehatkan jantung. Dibanding makanan berlemak lainnya, buah alpukat mengandung lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah Berry

Aneka buah berry juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry dan sejenisnya, mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang menyehatkan tubuh. Aneka buah berry dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah risiko penyakit kardivaskular. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, sawi dan sejenisnya, juga bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Aneka sayuran hijau memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Ini juga mengandung berbagai vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran setiap harinya ya Sahabat Fimela. 

Buah Pisang

Jangan ragu untuk mengonsumsi buah pisang setiap hari. Buah ini memiliki kandungan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya untuk orang dewasa, buah pisang juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak bahkan sebagai menu MPASI. Buah pisang mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Oat

Oat terbuat dari gandum. Makanan ini bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tak hanya itu saja, oat juga bermanfaat menurunkan berat badan jika dikonsumsi rutin sebagai asupan diet.

Teh Hitam

Makanan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh lainnya adalah teh hitam. Kandungan flavonoid pada teh hitam diketahui bisa membantu kinerja jantung, menurunkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan menurunkan kadar kolesterol.

 

Terong

Terong adalah jenis sayur yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Karena terong memiliki kandungan asam klorogenat. Kandungan ini memiliki antioksidan dan antivirus yang baik untuk tubuh, terutama bisa membantu mencegah penyakit jantung.

Seledri

Sayuran seledri memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini akan mencegah oksidasi dan membantu menurunkan kolesterol jahat. Tak hanya itu. Rajin mengonsumsi seledri juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Itulah sekian makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading