Sukses

Health

5 Makanan Penurun Kolesterol Dalam Tubuh saat Idul Adha

Fimela.com, Jakarta Saat momen Idul Adha seperti sekarang ini, tidak sedikit orang yang berisiko mengalami kenaikan kolesterol dalam tubuh. Ini mengingat bahwa banyak orang yang mengonsumsi daging secara berlebihan. Selain itu, ada banyak orang yang mengonsumsi berbagai olahan daging yang tinggi protein dan kolesterol

Ketika kolesterol naik, tentunya hal ini akan sangat berbahaya buat kesehatan. Jadi penting untuk menurunkan kolesterol atau menstabilkannya agar tubuh tetap sehat serta terjaga. Melansir dari laman healthline.com, berikut beberapa makanan yang bermanfaat menurunkan kolesterol dalam tubuh terutama di momen Idul Adha seperti sekarang ini.

Oatmeal

Makanan pertama yang bermanfaat menurunkan kolesterol adalah oatmeal. Makanan ini mengandung serat larut atau soluble fiber yang bisa mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat di dalam aliran darah. Peneliti menemukan jika konsumsi serat larut bisa menurunkan LDL dalam tubuh. Untuk oatmeal, ini bisa dikonsumsi bersama buah-buahan dan yogurt.

Kacang-Kacangan

Makanan yang bermanfaat menurunkan kolesterol selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang almond dan kenari dipercaya bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan sangat baik. Kacang-kacangan juga bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Buah-Buahan

Saat dirimu menyantap makanan dengan kandungan kolesterol tinggi, sebaiknya kamu mengimbanginya dengan konsumsi buah-buahan. Buah-buahan bermanfaat menurunkan kolesterol dalam tubuh dan menjaga nutrisi dalam tubuh tetap stabil. 

Salah satu buah terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah alpukat. Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal (2013) menemukan buah alpukat bisa mengontrol kadar kolesterol dan memberikan rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi.

Sayuran Hijau

Semua tentu tahu bahwa sayuran hijau merupakan sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. Sayuran hijau juga bermanfaat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Imbangi konsumsi daging saat Idul Adha dengan makanan berupa sayuran hijau dari bayam, sawi, brokoli, buncis, daun katuk dan sejenisnya.

Susu Kedelai

Penelitian menemukan jika susu kedelai juga bermanfaat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Susu kedelai membantu mengurangi kolesterol maupun trigliserida dalam darah. Selain dari sus kedelai, manfaat ini juga bisa diperoleh dari makanan olahan kedelai seperti tahu dan tempe.

Itulah beberapa makanan sehat yang dipercaya bisa bermanfaat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain makanan di atas, ikan dengan kandungan omega 3 dan teh hitam juga dipercaya baik untuk melarutkan kolesterol dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading