Sukses

Health

Studi: Rutin Konsumsi Sayur Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, bisa berdampak buruk bagi kesehatan secara menyeluruh. Pola hidup dan makan tidak sehat, digadang-gadang sebagai penyebab utama tingginya kolesterol. Lalu, bagaimana untuk menurunkannya? 

Mengutip dari laman Liputan6.com, menurut Dokter spesialis penyakit dalam Jeremia Imanuel Siregar, salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi yakni dengan rutin konsumsi sayuran. Sayuran hijau dipercaya bisa melawan kolesterol tinggi karena kandungan fiber, serat dan nutrisi lainnya. 

Jeremia mengatakan, “Serat adalah zat yang penting untuk bantu mencegah penyerapan kolesterol. Jadi, kalau kita makan banyak serat, kolesterol yang masuk ke tubuh kita bisa dicegah untuk diserap, sehingga bisa banyak dikeluarkan.”

Alasan Sayur Menurunkan Kolesterol Tinggi

Saat sayuran yang masuk ke dalam tubuh, ini akan lebih cepat menyerap kolesterol. Itu akan membuat kolesterol cepat dikeluarkan dan kadarnya menurun. Artinya, kemungkinan penumpukan kolesterol terutama kolesterol jahat bisa dicegah. 

Selain itu, konsumsi sayuran juga bisa bikin kita lebih kenyang. Kandungan serat di dalam sayur lebih sulit untuk dicerna, sehingga membuat kita merasa cepat kenyang. Para ahli mengungkapkan jika sebaiknya sayur dikonsumsi sebelum makan. Ini untuk mencegah kita makan makanan mengandung kolesterol tinggi secara berlebih. Konsumsi sayur dan buah sebelum makan, akan membantu kita mengontrol konsumsi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi nantinya.

Sayuran yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Semua sayuran hijau sebenarnya baik untuk bantu menurunkan kolesterol. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang memiliki manfaat mengesankan. Sayuran tersebut antaranya bayam dan brokoli. Kedua sayuran ini memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Keduanya juga mampu menyerap kolesterol dengan lebih baik dibanding sayuran lainnya. 

Selain bermanfaat menurunkan kolesterol, bayam dan brokoli juga bermanfaat menurunkan hipertensi, melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Keduanya kaya akan zat besi yang bantu menstabilkan produksi sel darah merah dalam tubuh. 

Well Sahabat Fimela, jangan pernah malas untuk konsumsi sayuran demi dapatkan kesehatan yang lebih maksimal. Konsumsi sayuran juga bisa bantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading