Sukses

Health

3 Penyebab Tangan Kesemutan yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kesemutan atau medis parestesia adalah penyakit yang menyebabkan tubuh mati rasa sementara. Kondisi ini bisa dialami seluruh tubuh, terutama pada bagian tangan. Walaupun bersifat sementara, tapi kesemutan harus diwaspadai.

Kesemutan terjadi karena saraf di bagian tertentu mendapatkan tekanan, seperti pada saat tidur dan lengan tertindih, atau terlalu lama duduk bersila. Jika Sahabat Fimela sering berada di bawah AC atau kipas angin, maka tangan bisa merasakan kesemutan dan saraf mati rasa. Untuk itu, berhati-hatilah dengan kondisi kesemutan pada tangan.

Mulailah menghindari penyebab kesemutan yang paling sering dialami. Atasi kesemutan pada tangan dengan pola hidup yang sehat. Berikut penyebab tangan kesemutan dan cara mengatasinya:

Penyebab Tangan Kesemutan

1. Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Jika Sahabat Fimela memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan fungsi ginjal, tumor, peradangan sendi dan gangguan tiroid, akan berisiko terkena kesemutan. Kondisi medis ini dapat diperiksakan kepada dokter. Agar penderitanya segera mendapatkan penanganan yang tepat dan tidak menimbulkan komplikasi.

2. Jarang Beraktivitas

Jarang beraktivitas atau berolahraga sangat berbahaya untuk tubuh. Kalau tubuh jarang bergerak, maka peredaran darah tidak akan lancar dan menyebabkan mati rasa. Ada baiknya untuk melakukan olahraga secara rutin, untuk meningkatkan stamina, melancarkan peredaran darah, dan membuat tubuh lebih sehat.

3. Sering Mengonsumsi Makanan Tinggi Kolesterol dan Gula

Terlalu sering mengonsumi makanan tinggi kolesterol dan gula bisa menyebabkan tangan kesemutan. Lemak jenuh dalam makanan ini membuat kadar kolesterol jahat meningkat di dalam tubuh, dan membuat tubuh terasa kesemutan. Bahkan kadar kolesterol jahat ini, bisa membuat pembuluh darah menjadi rusak, dan mengganggu peredaran darah yang membawa oksigen ke jaringan perifer.

Cara Mengatasi Kesemutan di Tangan

1. Cukupi Nutrisi Tubuh

Untuk mengatasi kesemutan pada tangan, ada baiknya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Sahabat Fimela bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, asam folat, asam alfa lipoat, kaya antioksidan, dan omega 3. Usahakan untuk minum air putih secara rutin.

2. Olahraga Cukup

Lakukan olahraga yang rutin dan cukup setiap harinya. Olahraga terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesemutan adalah yoga. Kamu juga bisa jalan santai atau berenang untuk meregangkan otot-otot tubuh.

3. Ubah Posisi

Ubah posisi duduk dan tidur bisa membantu mengatasi kesemutan pada tangan. Cobalah untuk duduk dengan posisi yang benar. Kemudian tidur dengan posisi nyaman, melakukan pemijatan agar saraf tidak tegang, dan istirahat yang cukup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading