Sukses

Health

5 Manfaat Konsumsi Jambu Biji Saat Hamil, Salah Satunya Mencegah Komplikasi

Fimela.com, Jakarta Selama hamil, Mom dituntut untuk lebih memperhatikan kesehatan diri pun janin di kandungannya. Mom juga harus benar-benar memperhatikan setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Karena apa? Karena setiap nutrisi yang masuk ke tubuh ibu, tidak hanya menutrisi tubuh ibu tetapi juga menutrisi janin di dalam kandungan. 

Setiap makanan yang ibu konsumsi, bisa berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Mengutip dari laman healthline.com, salah satu makanan yang wajib dikonsumsi ibu selama hamil ada jambu biji. Para ahli percaya jika buah satu ini memiliki segudang manfaat mengesankan. Salah satu manfaatnya yakni mencegah komplikasi selama kehamilan. 

Selain itu, apa saja kira-kira manfaat dari jambu biji untuk kehamilan? Simak yang berikut ini. 

Mencegah Bayi Lahir dengan Berat Rendah

Manfaat pertama dari konsumsi jambu biji selama kehamilan adalah, mencegah bayi lahir dengan berat rendah. Mom yang rutin konsumsi jambu biji, bisa memiliki bayi dengan berat badan normal. Pasalnya, jambu biji mengandung zat besi dan hemoglobin yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di kandungan.

Mencerdaskan Bayi

Jambu biji adalah salah satu buah yang mengandung asam folat di dalamnya. Asam folat ini berperan penting dalam mencerdaskan bayi dan mencegah risiko cacat tabung saraf, seperti spina bifida atau anencephaly. Mom bisa mendapat asupan asam folat cukup dari jambu biji berupa jambu merah maupun jambu kristal.

Menurunkan Risiko Kram Otot dan Tubuh Pegal-Pega

Selama kehamilan, ada banyak perubahan yang akan dialami ibu. Salah satu perubahan tersebut yakni tubuh yang mudah mengalami kram otot hingga pegal-pegal. Untuk menurunkan risiko kram otot ini, Mom bisa mengonsumsi jambu biji selama kehamilan. Jambu biji dikatakan mengandung nutrisi atau mineral tertentu yang bisa membuat tubuh terasa lebih bugar dan sehat.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Jambu biji termasuk salah satu buah yang kaya akan serat di dalamnya. Ini yang kemudian membuatnya bisa melancarkan sistem pencernaan. Mom bisa terhindar dari risiko sembelit atau susah buang air besar dengan rutin konsumsi jambu biji atau pun aneka buah serta sayur lainnya.

Mencegah Komplikasi Selama Kehamilan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Macronutrient and Micronutrient Intake during Pregnancy: An Overview of Recent Evidence menyebutkan jika, jambu biji adalah buah yang kaya akan vitamin C di dalamnya. 

Buah ini juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil. Karena mengandung berbagai nutrisi penting, jambu biji dipercaya bisa mencegah risiko komplikasi selama kehamilan. Buah ini juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu. 

Itulah sekian manfaat konsumsi jambu biji  bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga Mom bisa lebih bijak dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi sehari-hari, terutama yang dikonsumsi selama kehamilan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading