Sukses

Health

10 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi untuk Mencegah Risiko Kanker

Fimela.com, Jakarta Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Karena hal itu, sejauh ini kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti. Ketika sudah menyerang tubuh, kanker akan sulit ditangi atau diobati. Untuk itu, hal terbaik untuk terhindar dari risiko kanker adalah dengan mencegah kehadirannya. 

Mengutip dari laman healthline.com, salah satu cara termudah terhindar dari risiko kanker yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi beberapa jenis makanan juga perlu ditingkatkan. Para ahli menemukan jika beberapa makanan bisa mencegah atau menurunkan risiko kanker. Apa saja makanan tersebut? 

Berikut beberapa makanan yang dipercaya bisa mencegah kanker. Aneka makanan ini direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat. 

Wortel

Makanan pertama yang dipercaya bisa mencegah kanker ada wortel. Makanan ini mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk tubuh. Wortel juga mengandung senyawa tertentu yang bisa mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. 

Studi yang dilakukan ahli di US National Library of Medicine pada tahun 2015, ditemukan jika wortel bisa mencegah kanker lambung hingga 26 persen. Sementara itu, studi lain menemukan wortel bisa mencegah risiko kanker prostat hingga 18 persen. Wortel juga dipercaya bisa membersihkan paru-paru sekaligus mencegah risiko kanker paru-paru bagi perokok. 

Brokoli

Brokoli selama ini dikenal sebagai super food. Penelitian menunjukkan bahwa brokoli bermanfaat mencegah risiko kanker. Zat sulforaphane di dalam brokoli, ditemukan bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada payudara hingga 75 persen. Di samping itu, brokoli juga dipercaya bisa mencegah kanker usus, kanker prostat hingga kanker mematikan lainnya dalam tubuh.

Bawang Putih

Meski bawang putih cukup tidak disukai karena aromanya yang menyengat, studi menemukan jika bawang putih ampuh untuk mencegah risiko kanker. Zat bernama allicin dalam bawang putih, ditemukan ampuh membunuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain mencegah kanker, bawang putih juga ditemukan mampu menurunkan tekanan darah tinggi, membunuh bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Minyak Zaitun

Studi menemukan jika minyak zaitun juga ampuh mencegah serta mengatasi kanker. Orang-orang yang rutin konsumsi minyak zaitun, memiliki tubuh yang lebih sehat. Mereka juga ditemukan lebih kecil terkena risiko kanker. 

Ikan

Ikan adalah makanan yang kaya nutrisi. Para ahli menemukan jika ikan ternyata juga bisa mencegah risiko kanker. Orang yang rutin konsumsi ikan minimal satu kali dalam seminggu, memiliki risiko lebih kecil untuk terkena kanker atau penyakit mematikan lainnya. 

Kacang Kedelai

Kacang kedelai juga makanan yang bisa mencegah risiko kanker. Para ahli merekomendasikan kita untuk rutin konsumsi kacang kedelai atau olahannya agar terhindar dari risiko kanker. Olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe, bahkan dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Aneka makanan ini juga baik untuk sistem pencernaan.

Buah Berry

Sebuah studi yang dipublikasikan di NBCI menemukan jika rutin konsumsi buah berry bisa mencegah pertumbuhan sel kanker hingga 7 persen. Aneka buah berry yang  bisa dikonsumsi antaranya ada stroberi, blueberi dan jenis lainnya. 

Tomat

Kandungan lycopene dalam buah tomat juga dipercaya bisa mencegah risiko kanker. Rutin konsumsi buah tomat baik sebagai saus, sayur atau jus, akan membantu seseorang terhindar dari risiko kanker prostat, kanker serviks, kanker usus, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker mulut.

Kayu Manis

Kayu manis adalah makanan anti inflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian menemukan jika kayu manis memiliki segudang manfaat. Antaranya adalah mencegah risiko kanker, menurunkan kolesterol dan kadar gula darah dalam tubuh. Kayu manis juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

Telur

Makanan selanjutnya yang bisa mencegah kanker ada telur. Konsumsi telur secara rutin dengan porsi yang tepat, bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya yakni mencegah kanker. 

Itulah sekian makanan yang dipercaya bisa mencegah kanker. Para ahli merekomendasikan agar beberapa makanan ini dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading