Sukses

Health

4 Cara Mencegah Penyakit Asam Urat dan Pertolongan Pertamanya

Fimela.com, Jakarta Penyakit asam urat merupakan jenis artritis inflamasi yang berbeda dari jenis artritis lainnya karena menyebabkan nyeri sendi yang muncul secara tiba-tiba dan intens, biasanya terjadi pada malam hari. Melansir laman Pharmacy Planet, sendi yang paling sering terkena adalah ibu jari kaki, tapi sendi mana pun juga bisa terkena penyakit ini.

Biasanya pria punya risiko tiga kali lebih besar terkena penyakit asam urat dibandingkan perempuan, meskipun perempuan pasca-menopause juga berisiko. Ada sejumlah kebiasaan sederhana yang bisa bantu mencegah terjadinya penyakit asam urat, seperti empat kebiasaan ini.

1. Latihan Meditasi

Stres bisa memicu tekanan darah tinggi hingga serangan asam urat. Maka dari itu, dalam keseharian kita perlu membiasakan diri mengelola stres dengan lebih baik. Salah satunya dengan cara latihan meditasi. Latihan meditasi bisa bantu tenangkan diri serta menjaga pikiran dan kondisi tubuh tetap stabil.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tubuh kita butuh cairan yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Minum air putih yang cukup bisa meningkatkan kesehatan tubuh serta mencegah asam urat. Air bisa mengencerkan asam urat yang ada di dalam sistem tubuh sehingga makin tercukupi kebutuhan cairan tubuh, makin baik asam urat akan dipecah. Sehingga risiko pembentukan dan pengkristalan asam urat bisa berkurang. Umumnya, dalam sehari kita butuh 8 gelas air putih agar terhindar dari dehidrasi.

3. Kurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Purin

Purin adalah senyawa kimia umum yang dapat dibuat secara alami oleh tubuh atau diserap melalui makanan yang dikonsumsi. Kalau konsumsi purin berlebihan, asam urat bsia makin menumpuk di tubuh dan mengkristal. Kalau kita rentan atau pernah mengalami penyakit asam urat bisa coba kurangi konsumsi makanan yang mengandung purin, seperti daging olahan, daging merah, minuman berpemanis, alkohol, dan ikan asin.

4. Kontrol Tekanan Darah

Orang dengan tekanan darah tinggi berisiko mengalami sejumlah penyakit, termasuk penyakit asam urat. Makin tinggi tekanan darah kita, makin sempit dan lemah kondisi pembuluh arteri kita, sehingga membuat kerja ginjal jadi lebih berat untuk mengeluarkan racun seperti asam urat. Maka dari itu, selalu kontrol tekanan darah kita setiap harinya agar terhindar dari penyakit asam urat.

Pertolongan Pertama saat Merasakan Gejala Penyakit Asam Urat

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat mengalami gejala penyakit asam urat adalah mengangkat sendi untuk mengurangi tekanan dan memperlancar sirkulasi. Mengkompresi area yang terkena dengan es juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala asam urat untuk mendapat pengobatan dan penanganan yang lebih tepat, ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading