Sukses

Health

4 Cara Mencegah Tekanan Darah Rendah dan Pertolongan Pertamanya

Fimela.com, Jakarta Tekanan darah rendah umumnya ditandai dengan pusing, mual, pandangan kabur, tubuh yang gampang capek, hingga pingsan. Biasanya untuk memastikan apakah tekanan darah kita normal atau tidak, kita perlu memeriksakan diri ke dokter atau mengukur tekanan darah dengan tensimeter. Penyebab tekanan darah bisa bermacam-macam, bahkan bisa terjadi tanpa tahu penyebab pastinya.

Melansir laman Mayo Clinic, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tekanan darah rendah. Serta, ada juga sejumlah cara yang bisa dilakukan sebagai tindak pertolongan pertama untuk mengatasi tekanan darah rendah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

 

 

Cara Mencegah Tekanan Darah Rendah

1. Minum Air Putih Cukup

Hindari minuman beralkohol. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, biasanya 8 gelas per hari. Tubuh yang tercukupi kebutuhan cairannya bisa terhindar dari dehidrasi. Tekanan darah pun bisa dijaga tetap normal.

2. Perbaiki Posisi Tubuh

Saat duduk atau jongkok dalam jangka waktu lama, jangan langsung buru-buru berdiri. Coba untuk bangkit perlahan lalu berdiri. Posisikan tubuh untuk memastikan darah mengalir dari kaki ke jantung, seperti dengan menaruh satu kaki di kursi lalu sandarkan sejauh mungkin.

3. Makan dengan Porsi Kecil dan Rendah Karbohidrat

Untuk menghindari tekanan darah mendadak menurun, bisa coba konsumsi makanan dalam porsi kecil beberapa kali dalam ehari. Batasi makanan tinggi karbohidrat. Saat sarapan, bisa juga dilengkapi dengan minuman minuman berkafein tapi pastikan imbangi dengan konsumsi air putih cukup juga, ya.

4. Olahraga Rutin

Dalam sehari, luangkan waktu minimal 30 menit untuk berolahraga. Cari tempat yang cukup sejuk untuk berolahraga. Hindari berolahraga di kondisi cuaca panas atau terik.

 

 

Pertolongan Pertama Mengatasi Tekanan Darah Rendah

1. Minum Lebih Banyak Air Putih

Air putih bisa bantu mencegah dehidrasi dan meningkatkan volume darah. Saat mengalami gejala tekanan darah rendah, cobalah untuk minum segelas air putih. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh bisa menjadi tindak pertolongan pertama yang aman saat tekanan darah menurun.

2. Konsumsi Garam

Bisa juga menambahkan garam ke air putih yang diminum untuk bantu stabilkan tekanan darah. Minum air oralit juga bisa dilakukan. Namun, tetap hati-hati jangan sampai garam yang dikonsumsi sampai berlebihan.

3. Kenakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi biasanya dipakai untuk bantu meredakan nyeri dan bengkak pada penderita varises. Stoking ini juga bisa digunakan untuk bantu melancarkan aliran darah dari kaki ke jantung. Ada baiknya berkonsultasi ke dokter lebih dulu sebelum menggunakan cara ini sebagai bentuk pertolongan pertama untuk mengatasi tekanan darah rendah.

4. Minum Kafein

Minuman berkafein bisa menaikkan tekanan darah dengan menstimulasi sistem kardiovaskular dan meningkatkan detak jantung. Minum kopi atau teh bisa bantu jaga kestabilan tekanan darah selama dikonsumsi dalam batas cukup. Kalau punya masalah atau gangguan lambung, berkonsultasilah lebih dulu ke dokter.

Itu tadi sejumlah informasi dasar yang perlu diketahui tentang tekanan darah rendah. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading