Sukses

Health

6 Jenis Makanan Enak Ini Justru Lebih Rendah Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang setiap kalangan baik usia muda maupun tua. Tentunya, ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya gaya hidup yang tidak sehat. Kolesterol dapat terkontrol jika Sahabat Fimela bisa menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan yang sehat. Beberapa jenis makanan dapat membantu menurunkan kolesterol, misalnya makanan yang mengandung kaya akan serat.

Nah, jika Sahabat Fimela ingin memulai gaya hidup sehat untuk menghindari naiknya kadar kolesterol, berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga tubuh terhindar dari kolesterol. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Oatmeal

Oatmeal banyak dikonsumsi oleh mereka yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Nah, jenis makanan yang satu ini juga sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi semangkuk oatmeal atau sereal untuk sarapan sangat bagus untuk mencegah meingkatkan kolesterol.

2. Kacang

Kacang sangat kaya akan serat larut. Jenis makanan ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna, yang berarti membuatmu merasa kenyang lebih lama setelah makan. Karena itu, kacang dipercaya dapat menurunkan berat badan dan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Minyak Nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega, lemak babi, atau mentega putih saat memasak yang bermanfaat untuk menurunkan LDL.

4. Buah Apel, Aggur, dan Jeruk

Buah ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL. Makan ini diperkaya dengan sterol dan stanol. Sterol dan stanol yang diekstraksi dari tumbuhan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan.

5. Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, disebut-sebut sebagai cara ampuh menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana, mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.

6. Ikan Berlemak

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL. Cobalah untuk mengganti daging, yang memiliki lemak jenuh dengan ikan yang mengandung lemak omega-3 penurun kolesterol. Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung.

Well, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan ini, ya Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading