Sukses

Health

5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tingginya kolesterol dan gula darah dalam tubuh, memiliki efek yang sangat buruk buat kesehatan. Keduanya bahkan bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit mematikan seperti jantung dan gagal ginjal. Agar kesehatan tubuh tetap stabil, penting bagi kita untuk menstabilkan kolesterol serta gula darah dalam tubuh.

Mengutip dari laman healthline.com, studi menemukan jika ada beberapa makanan yang benar-benar ampuh menurunkan kolesterol sekaligus gula darah dalam tubuh. Selain itu, beberapa makanan ini juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja? Simak yang berikut ini.

Wortel

Makanan pertama yang dipercaya ampuh menurunkan koleterol sekaligus gula darah tinggi ada wortel. Wortel mengandung serat, vitamin A, potasium, antioksidan dan beta karoten yang baik buat tubuh. Ada beragam menu masakan lezat yang bisa dibuat dengan bahan utama wortel. Dengan konsumsi wortel dalam jumlah yang tepat, kita bisa mendapatkan segudang manfaat darinya.

Brokoli

Brokoli adalah makanan yang bisa menurunkan kolesterol dan gula darah tinggi selanjutnya. Brokoli adalah super food yang mengandung beragam vitamin terbaik untuk tubuh. Brokoli juga kaya akan asam folat, kalium, zat besi, flavonoid dan serta yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain menurunkan kolesterol dan gula darah, sayuran ini juga bermanfaat mencegah risiko kanker maupun tumor.

Kacang-Kacangan

Aneka kacang-kacangan termasuk kacang kedelai serta olahannya, ini juga bisa menurunkan kolesterol serta gula darah dalam tubuh. Studi menemukan jika kacang-kacangan adalah makanan dengan segudang nutrisi yang bisa mencegah berbagai masalah kesehatan.

Terong

Siapa sangka, terong adalah makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Terong mengandung asam folat, kalsium, kalium, vitamin C, K, serat, magnesium dan tembaga yang dibutuhkan tubuh. Selain baik dikonsumsi oleh orang dewasa, terong juga baik dikonsumsi anak-anak sebagai penunjang tumbuh kembangnya. 

Oats

Serat larut dalam oats, berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat di dalam darah. Makanan ini juga baik untuk sistem pencernaan. Sering dipilih sebagai pengganti nasi putih, oats termasuk makanan kaya serat namun rendah gula. 

Itulah sekian makanan yang ampuh menurunkan kadar kolesterol sekaligus gula darah tinggi dalam tubuh. Selain enak, makanan di atas juga cukup mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Untuk menurunkan kolesterol serta gula darah, selain perbanyak konsumsi makanan di atas, kita pun harus bijak dalam menjalankan pola hidup. Pastikan untuk mengurangi asupan garam dan gula demi dapatkan kesehatan yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading