Sukses

Health

Bahan Alami untuk Redakan Radang Tenggorokan

Fimela.com, Jakarta Radang tenggorokan adalah kondisi umum yang sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh virus flu dan virus mononukleosis serta bakteri seperti Streptococcus pyogenes atau Streptococcus A. Dilansir dari Medical News Today, radang tenggorokan juga dapat dipengaruhi oleh musim dingin atau cuaca yang sering berubah secara ekstrem, sinusitis, alergi, polusi udara, dehidrasi, dan lain-lain.

Radang tenggorokan sering kali membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Jika kamu sedang mengalami radang tenggorokan, kamu bisa segera mengatasinya dengan beberapa cara alami yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan tanpa perlu menggunakan obat-obatan.

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara alami yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Air garam efektif membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi tenggorokan dan membantu mengurangi peradangan.

Kamu cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian berkumurlah selama beberapa detik. Kamu juga bisa berkumur dengan air garam sebanyak dua kali sehari.

2. Konsumsi Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Selain itu, madu juga efektif meredakan batuk.

Kamu cukup mencampurkan satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat atau teh herbal. Boleh juga mengonsumsi madu secara langsung. Mengonsumsi madu dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.

3. Minum jahe

Dilansir dari Mayo Clinic, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Selain itu, jahe juga efektif meredakan batuk dan menghangatkan tubuh.

Kamu cukup merebus sepotong jahe segar selama beberapa menit. Kamu juga bisa menambahkan madu atau lemon sesuai selera agar rasa lebih nikmat. 

4. Menghirup uap

Menghirup uap dapat membantu melembapkan saluran udara dan meredakan iritasi pada tenggorokan. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mendidihkan air dalam panci, lalu letakkan panci di meja dan posisikan kepalamu di atas panci.

Kemudian hirup uap selama beberapa 1-2 menit. Pastikan juga untuk tidak terlalu dekat dengan air mendidih agar tidak terjadi luka bakar.

5. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Mengonsumsi bawang putih mentah ataupun dimasak efektif meredakan radang tenggorokan.

Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan bawang putih ke dalam makanan atau mengunyah bawang putih secara mentah-mentah selama beberapa kali sehari.

6. Kayu manis

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang efektif meredakan radang tenggorokan. Kamu bisa mengonsumsi kayu manis dengan cara menambahkan kayu manis ke dalam minuman atau makanan. 

7. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu tubuh memulihkan diri dari radang tenggorokan. Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup serta menghindari aktivitas yang terlalu berat selama beberapa hari sampai kondisi tubuhmu sudah kembali membaik.

8. Hindari merokok dan alkohol

Merokok dan alkohol dapat memperburuk kondisi radang tenggorokan dan memperpanjang waktu pemulihan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari merokok dan minuman beralkohol selama beberapa hari sampai kondisi membaik.

Demikian cara meredakan radang tenggorokan dengan bahan alami dan mudah dilakukan. Jika gejala radang tenggorokan tidak kunjung membaik setelah beberapa hari atau jika kamu mengalami gejala lain seperti demam atau sakit kepala yang parah, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading