Sukses

Health

8 Gejala Umum Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Fimela.com, Jakarta Nyeri di kaki, sering berkeringat, gangguan pencernaan. Ini adalah tanda-tanda umum saat terkena penyakit jantung yang sering diabaikan. Penting untuk mengetahui gejala yang mungkin menandakan penyakit jantung. Mungkin seseorang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki penyakit jantung. Karena tanda-tanda peringatan penyakit jantung yang sangat umum dan tidak semua orang memiliki gejala yang sama. 

Beberapa orang mengalami serangan jantung tanpa gejala yang biasa disebut Myocardial Infarction (MI). Umum terlihat pada penderita diabetes. Gejala awal dimulai dengan ketidaknyamanan ringan lalu berkembang menjadi rasa nyeri hebat.

Dikutip dari British Heart Foundation, ada 8 tanda-tanda seseorang memiliki penyakit jantung tanpa mereka sadari.

1. Dada terasa nyeri

Nyeri dada adalah tanda umum dari serangan jantung, banyak orang yang tidak menyadarai bahwa tanda ini bisa menjadi keadaan bahaya. Nyeri dada terjadi saat jantung tidak mendapatkan cukup darah atau oksigen.

2. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan atau sensasi nyeri di perut bisa menjadi tanda serangan jantung atau masalah jantung lainnya. Posisi jantung, kerongkongan dan perut semuanya terletak bedekatan sehingga terasa seperti panas dan tertusuk di bagian perut

3. Keringat Dingin

Berkeringat disini artinya merasa dingin dan lembap seperti keringat dingin disertai nyeri dada, itu merupakan tanda-tanda dari penyakit jantung. Beda halnya dengan berkeringat karena suasana dan cuaca yang panas, tidak perlu dikhawatirkan. 

4. Nyeri di kaki

Jika merasakan sensasi mencengkeram dan kram di betis tiba-tiba saat berjalan, perlu diwaspadai, karena bisa menjadi penanda PAD (Peripheral Arterial Disease). Paling umum dirasakan seseroang yang perokok dan menderita diabetes. Saat jantung tidak bekerja dengan baik, aliran darah melambat dan kembali ke pembuluh darah di kaki. Hal ini menyebabkan cairan menumpuk di jaringan kaki dan mengakibatkan nyeri. 

5. Nyeri di lengan

Walaupun tidak ada kaitannya langsung dengan jantung, nyeri di lengan dapat menjadi tanda serangan jantung. Jika rasa sakit menjalar ke lengan, terutama lengan kiri, lalu menuju leher. 

6. Pergelangan kaki bengkak

Saat pergelangan kaki membengkak, tidak boleh diabaikan, karena bisa menjadi penanda bahwa terkena gagal jantung. Namun juga hal ini umum dirasakan dan bisa jadi penyakit lainnya selain gagal jantung. Seperti halnya saat meminum obat tekanan darah yang dapat menyebabkan pergelangan kaki bengkak.

7. Kelelahan yang berlebih

Kelelahan bisa disebabkan oleh banyak hal. Terkadang hanya perlu waktu istirahat. Tapi perasaan lelah bisa menjadi masalah yang lebih serius. Kelelahan bisa menjadi tanda gangguan jantung ketika merasa lelah berlebihan yang tidak biasa, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas normal lainnya.

8. Detak jantung tidak teratur

Sebagian besar orang hanya mengalami detak jantung ektopik, yang biasanya tidak berbahaya dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Ketika jantung tidak dapat memompa darah sebagaimana mestinya, darah kembali ke pembuluh darah yang mengalir dari paru-paru ke jantung. Gejala gagal jantung terjadi ketika cairan bocor ke paru-paru dan menyebabkan sesak napas. 

 

Penting untuk memerhatikan kesehatan diri sendiri walaupun hanya sekedar terasa nyeri di dada. Segera hubungi bantuan medis jika sudah merasa mengalami beberapa tanda serangan jantung diatas, ya sahabat Fimela!.

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading