Sukses

Health

Daftar Permainan dan Makanan yang Bagus untuk Otak Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua tentu akan memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan anaknya. Memiliki balita yang cepat tanggap dan cerdas tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orangtua. Oleh karena itu, orangtua juga harus turut membantu balita dalam proses tumbuh dan berkembangnya. Namun, diiperlukannya juga bantuan stimulasi dan asupan makanan yang dapat mencerdaskan otak balita. 

Dilansir dari thinktankscholar.com, beberapa balita memang akan menunjukkan tanda-tanda berbakat saat mereka memahami dan menguasai konsep dasar sejak dini. Namun, semua anak memiliki kecepatan pemahaman sendiri-sendiri, yang perlu dilakukan sebagai orangtua yaitu membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis.

Otak anak-anak akan berkembang pesat sejak lahir hingga usia hingga tahun. Perkembangan otak akan memberi pengaruh semua area pertumbuhan anak. Terdapat empat bidang utama perkembangan dalam tubuh yaitu motorik atau fisik, bahasa dan komunikasi, sosial dan emosional, dan kognitif. Perkembangan otak termasuk dalam perkembangan kognitif yang menggambarkan kecerdasan anak, keterampilan berpikir, dan memecahkan masalah, yang dilansir dari helpmegroemn.org

 

 

Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak

Satu hal yang penting untuk dilakukan sebagai orangtua dalam membantu perkembangan otak anak adalah menyediakan lingkungan yang aman. Dilansir dari tickleright.com,, terdapat beberapa permainan yang dapat merangsang otak anak:

  1. Blok bangunan dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan perkembangan kognitif karena secara tidak langsung anak akan dilatih untuk dapat memecahkan masalah, berpikir kritis, dan keterampilan motorik. 
  2. Memecahkan teka-teki seperti puzzle. Memecahkan teka-teki dapat memainkan peran integral untuk perkembangan anak dalam pendekatan pengembangan kekuatan jari, rentang perhatian tinggi, dan pengenalan bentuk. Tak hanya itu gerakan mengambil potongan dan menempatkan potongan dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata serta keterampilan motorik.
  3. Bercerita dapat membantu anak mengembangkan imajinasi dan membangkitkan rasa ingin tahu. 
  4. Petak umpet dapat membangun kekuatan pekembangan otot, kesimbangan, dan kelincahan. Selain itu, juga dapat mendukung keterampilan motorik dan mendorong gerakan fisik serta dapat mengembangkan pemikirian imajinatif dan kreatif.
  5. Berburu kata dapat mendorong anak supaya tetap fokus dan meningkatkan memori kerja otak anak. Tak hanya itu, dapat membangun keterampilan pemecahan masalah dan meningkatkan kecepatan pemrosesan otak anak dalam memberikan respon yang cepat.

Makanan yang Bagus untuk Otak Anak

Dilansir dari tickleright.com, tak hanya permainan yang dapat merangsan otak, tetapi terdapat beberapa makanan yang sangat bagus untuk otak:

  1. Ikan salmon mengandung asam lemak Omega-3 Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic Acid (EPA) yang dapat memenuhi kebutuhan pertumbuhan otak dan mempertajam pikiran.
  2. Telur mengandung protein, kolin, dan nutisi penting lainnya yang dapat meningkatkan konsentrasi. 
  3. Sayuran hijau seperti bayam dan lainnya mengandung folat dan vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan otak anak, sedangkan untuk kangkung mengandung antioksidan yang dapat mendukung pertumbuhan sel-sel otak. 
  4. Makanan laut memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin D, lemak omega-3, dan yodium yang sangat diperlukan untuk fungsi otak dan melindungi otak terhadap degenerasi kemampuan mental yang dapat mengakibatkan hilangnya ingatan. 
  5. Kacang dan biji memiliki kandungan yang kaya akan protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral yang sangat bergizi dan meningkatkan fungsi kognitif. 
  6. Produk susu seperti yogurt dapat memenuhi kebutuhan anak dalam perkembangan otak dan fungsi saraf yang efektif, sedangkan untuk susu dan keju memiliki kandungan kalsium tinggi yang berperan penting dalam memperkuat kesehatan tulang dalam membangun sel-sel otak dan jaringan otak aktif. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading