Sukses

Lifestyle

How To: 6 Cara Praktis Mengasah Otak Agar Lebih Pintar

Fimela.com, Jakarta Hidup di era digital seperti sekarang menuntut seseorang untuk lebih menggunakan otak atau intelektual. Terlebih penggunaan perangkat pintar dan konektivitas yang membuat orang berusaha menjadi lebih pintar dan lebih cepat.

Satu-satunya cara untuk tetap terdepan dan sukses dalam hidup adalah dengan menjadi lebih pintar dan terus belajar. Studi berulang kali menunjukkan bahwa kamu sebenarnya bisa membuat otak menjadi lebih pintar.

Kecerdasan bukan hanya genetika sederhana. Dimungkinkan untuk melatih otak dan membantunya berfungsi pada tingkat yang lebih efisien.

Mengutip dari Inc.com, kecerdasan otak seseorang akan tercapai jika dilatih. Otak perlu bekerja sama dengan bagaimana kamu melatih otot-otot fisik. Olahraga yang ketat, istirahat, dan konsistensi akan membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Selain itu, ada beberapa cara praktis untuk mengasah otak agar lebih pintar.

 

1. Pertahankan pertemanan yang pintar

Kamu mungkin menyadari bahwa biasanya orang-orang pintar akan saling berkumpul. Jim Rohn berkata bahwa kamu adalah rata-rata dari lima orang di sekitarmu. Artinya ketika kamu berada di tengah-tengah orang cerdas secara tidak langsung akan membuat kamu ingin mengembangkan kecerdasan.

 

2. Baca

Ini seharusnya tidak asing, namun banyak orang yang meremehkan seberapa penting membaca dapat memengaruhi dan meningkatkan pikiran. Orang yang membaca dengan baik tidak hanya pandai berbicara, melainkan juga memiliki pengetahuan yang luas dan berkembang.

 

3. Istirahat

Kurang tidur, relaksasi, dan stres berlebih dapat mengurangi kapasitas otak. Otak membutuhkan banyak energi untuk berfungsi. Ketika merasa kelelahan sepanjang waktu, pikiran kamu tidak akan memiliki kemampuan untuk belajar dan berkembang.

 

4. Makanan bergizi

Makanan adalah bahan bakar untuk tubuh. Makanan bergizi tinggi akan bekerja baik untuk menguatkan otak. Seperti kenari yang menjadi sumber makanan otak yang baik. Begitu juga tuna, mackerel, dan salmon yang kaya akan asam lemak untuk membantu fungsi neuron.

 

5. Mainkan permainan otak

Otak perlu dilatih untuk menghadapi tantangan sehingga berkembang. Begitu orang menyadari bahwa pandai dalam sesuatu, ia cenderung berhenti mencoba. Triknya gunakan potensi penuh dalam diri dan dorong batas yang ada. Cobalah untuk memainkan permainan otak, seeprti Sudoku, teka-teki kata, dan pemecehan masalah.

 

6. Buat jurnal

Mencatat hal-hal atau ide-ide mencitakan perpanjangan pikiran. Pikiran akan dicatat dan rutinitas menulis akan memungkinkan otak untuk berpikir lebih teliti dan meningkatkan cara berpikir.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading