Sukses

Health

11 Makanan Ini Bisa Bantu Atasi Kram Perut saat Haid

Fimela.com, Jakarta Kamu sering mengalami kram perut saat haid? Kram ini adalah hasil dari kerusakan normal lapisan rahim selama haid.

Ada beberapa cara mengatasinya, termasuk dengan mengonsumsi beberapa makanan. Dilansir dari glamour.com, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa bantu mengatasi kram perut saat haid.

1. Jahe

Sebuah studi menemukan bahwa perempuan yang minum teh jahe selama beberapa hari pertama haid, mengurangi kram perut yang mereka rasakan.

2. Biji rami

Asam lemak omega 3 seperti ditemukan dalam rami bisa memiliki efek anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit. Ada bukti bahwa asupan rami secara teratur sebenarnya bisa mempersingkat durasi haid.

3. Biji chia

Seperti biji rami, biji chia juga kaya akan omega-3.

4. Ikan

Ikan berlemak, seperti tuna dan salmon kaya akan kandungan omega-3.

 

 

5. Kacang

Mayo Clinic melaporkan bahwa magnesium sebagai salah satu dari beberapa suplemen yang telah digunakan dalam banyak penelitian dan terbukti berpotensi mengurangi kram saat haid. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber magnesium dan vitamin E yang baik.

6. Sayuran hijau

Seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung juga mengandung magnesium.

7. Alpukat

Makanan kaya magnesium lainnya adalah alpukat.

8. Tahu

Tahu juga tinggi magnesium.

 

9. Kunyit

Kunyit juga berpotensi mengatasi kram saat haid. Banyak rasa sakit menyertai kram disebabkan oleh peradangan dan hanya sedikit makanan yang bisa melawan peradangan seperti kunyit.

10. Kacang

Makanan kaya tiamin juga bisa menjadi pereda nyeri haid yang ampuh. Satu studi telah menunjukkan bahwa 100mg tiamin per hari bisa membantu.

Beberapa pilihan kaya tiamin untuk dipertimbangkan makan selama periode haid termasuk kacang-kacangan. Faktanya, makan setengah cangkir kacang hitam rebus memberimu 27% dari nilai tiamin harian.

11. Nasi merah

Nasi merah mengandung dua manfaat untuk mengatasi kram saat haid, yaitu kaya akan magnesium dan tiamin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading