Sukses

Health

6 Manfaat Membaca Buku, Salah Satunya Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Buku menjadi salah satu sumber pengetahuan bagi siapapun. Dengan hobi membaca buku, ini akan membuatmu memiliki wawasan yang luas. Ini juga memungkinkanmu memiliki kecerdasan yang maksimal. Karena, salah satu cara meningkatkan kecerdasan adalah membaca buku. Selain itu, membaca buku juga memiliki segudang manfaat lain Sahabat Fimela. Manfaat ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. 

Mengutip dari laman healthline.com, membaca buku bisa membuat seseorang merasa lebih tenang. Ini juga mendorongnya menjadi pribadi yang lebih bijak. Bahkan, beberapa ahli percaya jika buku bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Berikut ini, ada beberapa manfaat dari membaca buku yang bisa kamu dapatkan. 

Mengurangi Stres

Membaca buku akan membantu seseorang mengurangi stres. Ini juga membantunya mencegah risiko depresi pun masalah kesehatan mantal lainnya. Kebiasaan membaca buku dipercaya bisa menekan produksi hormon stres dalam tubuh. Membaca buku akan bantu seseorang merasa lebih rileks, tenang dan bahagia. 

Meningkatkan Wawasan

Buatmu yang ingin memiliki wawasan luas dan pengetahuan mengesankan, cara termudah yang bisa dilakukan adalah membaca buku. Dengan membaca, otak akan terisi dengan beragam informasi dan pengetahuan baru. Otak juga akan bekerja dengan lebih baik sehingga memungkinkannya memiliki memori yang terjaga. Beberapa studi menyebut jika selain sebagai pusat informasi, buku juga sebagai sumber inspirasi.

Melatih Kemampuan Menulis

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan menulis baik. Tapi, dengan kebiasaan membaca buku, pelan tapi pasti ini akan mengasah kemampuanmu menulis. Membaca bisa membantumu mengenal berbagai suku kata dan gaya bahasa. Ini juga membantumu untuk mengungkapkan kata-kata dengan lebih bijak, tersusun serta rapi. 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Cara termudah untuk meningkatkan atau membangun rasa percaya diri adalah dengan membaca buku. Kebiasaan membaca buku, akan menjadikanmu pribadi yang mengesankan dan memesona. Inilah yang perlahan tapi pasti akan membantu menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan menerima apa adanya dirimu selama ini. 

Meningkatkan Konsentrasi

Studi menemukan jika membaca buku bisa meningkatkan konsentrasi. Membiasakan diri membaca buku, bermanfaat melatih otak dan pola pikirmu agar lebih baik. Orang-orang yang hobi membaca buku, dikatakan lebih mudah serta cepat dalam mengambil keputusan bijak pun tepat.

Meningkatkan Tujuan Hidup

Studi yang dilakukan di Ohio State University ditemukan jika membaca buku meningkatkan tujuan hidup seseorang. Ini juga akan mendorong seseorang untuk lebih semangat dalam menjalani hidup. Ini bahkan membantunya terhindar dari risiko alzheimer dan masalah kesehatan mental lain. Karena manfaat ini, orang-orang yang hobi membaca buku dikatakan memiliki angka harapan hidup yang cukup tinggi. Mereka juga senantiasa memiliki pola hidup sehat setiap harinya. 

Itulah sekian manfaat dari membaca buku. Yuk Sahabat Fimela, biasakan diri untuk lebih suka membaca buku dan rasakan sekian manfaatnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading