Sukses

Health

Apa Penyebab Badan Tidak Bisa Gemuk? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan bisa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan, sepatu maupun riasan makeup atau gaya rambutmu. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya.

Oleh karena itu, banyak orang seringkali merisaukan penampilannya. Termasuk berat badannya yang dianggap dapat berpengaruh pada penampilan. Misalnya terlalu gemuk atau terlalu kurus. Bagi orang yang terlalu gemuk, seringkali melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badannya, salah satunya dengan cara diet. Begitu juga dengan orang yang merasa terlalu kurus.

Namun kenyataannya menaikkan berat badan untuk orang yang merasa terlalu kurus tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang hal tersebut sama sulitnya dengan orang yang ingin menurunkan berat badan. Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang kesulitan menaikkan berat badan. Apa saja? Simak penyebab badan sulit gemuk berikut ini.

1. Faktor Genetik

Kalau orang tuamu dan saudara-saudara lainnya adalah orang-orang yang kurus dan sulit gemuk, maka penyebab tubuh kamu tidak gemuk kemungkinan besar adalah faktor keturunan atau genetik. Ada beberapa orang yang makan sebanyak apapun tetap tak bisa menggemuk di mana hal tersebut dapat dikarenakan penyerapan makanan oleh usus yang sedikit.

 

2. Metabolisme Terganggu

Seperti yang telah diketahui bersama, metabolisme yang sangat cepat justru bisa menurunkan berat badan lebih cepat juga. Jadi jika metabolisme tubuh kinerjanya sangat cepat maka otomatis apapun jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh, baik itu makanan berlemak dan berkolesterol tinggi sekalipun pasti akan mengalami proses pembakaran maksimal menjadi tenaga. Tapi, metabolisme yang terlalu cepat juga berkemungkinan ada gangguan sehinggakamu bisa coba konsultasikan kepada dokter mengenai hal tersebut.

3. Kurang Olahraga

Tubuh sulit untuk gemuk dan terus-menerus kurus bisa jadi karena malas berolahraga sehingga menjadikan tubuh mudah terkena penyakit. Padahal, tubuh berisi itu juga bisa karena massa otot yang terbentuk sempurna. Ingat bahwa olahraga bukan hanya sekadar cara membakar lemak, melainkan membentuk juga otot-otot tubuh.

4. Merokok

Tak hanya kanker paru-paru saja yang termasuk penyakit akibat merokok, kebiasaan merokok pun dapat menyebabkan tubuh yang sudah kurus semakin sulit dan tidak bisa gemuk. Seperti menurut penelitian yang dilakukan oleh Yale University di Amerika, berat badan para perokok aktif diteliti 2,5 kg lebih ringan apabila membandingkannya dengan berat badan orang-orang yang bukan perokok.

5. Minum Alkohol

Terlalu banyak minum minuman mengandung alkohol tanpa tubuh mendapatkan nutrisi dari sumber makanan yang tepat juga bisa sulit menggemukkan badan Anda yang kurus. Ini karena kalori yang ada pada alkohol sangat sedikit dan alkohol hanyalah memenuhi lambung dengan gas sehingga perut terasa penuh dan selera makan justru makin menurun karenanya.

6. Depresi

Saat depresi, ada kemungkinan perubahan hormonal tubuh terjadi sehingga metabolisme mengalami gangguan, nafsu makan menjadi berkurang drastis, sehingga nutrisi lengkap yang seharusnya bisa diperoleh tubuh menjadi sangat sedikit.

7. Tidak Sesuainya Komposisi Makanan

Tidak gemuknya tubuh bisa jadi disebabkan oleh asupan makanan-makanan yang kurang kandungan gizinya. Pilihlah tak sekadar makanan berkalori tinggi, tapi juga konsumsilah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, makanan kaya serat, hingga makanan yang mengandung protein tinggi seperti putih telur, sayur, ikan salmon, serta daging ayam bagian dada.

Itulah 7 penyebab badan sulit gemuk yang mungkin saja jadi penyebab kenapa kamu sulit gemuk meskipun sudah banyak makan. Alangkah baiknya kamu konsultasikan kepada ahli gizi, mungkin saja ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang harus diatasi agar berat badanmu bisa naik sedikit demi sedikit menuju angka ideal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading