Sukses

Health

8 Makanan Sehat Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi, perlu menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Dalam mengonsumsi makanan sehari–hari, mereka pun dituntut untuk lebih teliti, jeli dan hati-hati. Karena apa? Salah memilih makanan, ini bisa berpengaruh besar terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Ini juga bisa meningkatkan risiko naiknya kolesterol. Jika sudah demikian, ada beragam masalah kesehatan yang mengintai. 

Mengutip dari laman yankes.kemkes.go.id, ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Makanan ini bahkan disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut beberapa makanan tersebut.

Sayuran Hijau

Makanan pertama yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi ada sayuran hijau. Melansir dari laman healthline.com, sayuran hijau tak hanya mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah saja. Ini juga bermanfaat sebagai menu diet terbaik. Ini juga menyehatkan tubuh secara menyeluruh dan bikin awet muda. 

Ikan

Ikan juga termasuk makanan sehat untuk penderita kolesterol. Ikan yang rendah lemak, bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Ini juga sebagai sumber protein untuk menjaga stamina dan energi dalam tubuh. Agar ikan lebih rendah lemak, sebaiknya ikan dimasak dengan cara dibakar, dikukus atau dibuat sup. Batasi konsumsi ikan yang dimasak dengan cara digoreng.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan selanjutnya yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Aneka kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang almond, kacang merah, kacang kedelai dan sejenis, adalah sumber protein terbaik bagi tubuh. Sama seperti sayuran hijau, kacang-kacangan tak hanya menstabilkan kadar kolsterol, ini juga menstabilkan berat badan tubuh. 

Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti biji gandum, biji bunga matahari dan biji chia seed, masuk ke dalam salah satu makanan sehat yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Makanan ini kaya nutrisi dan vitamin yang bisa melarutkan kolesterol jahat atau LDL. ini juga sangat baik dalam menjaga sistem pencernaan.

Jamur

Makanan yang aman untuk penderita kolesterol tinggi selanjutnya ada jamur. Makanan ini memiliki nutrisi yang teramat baik untuk tubuh. Sebaiknya, jamur dimasak dengan cara dikukus, sup, atau masakan kuah tanpa lemak agar kesehatannya makin maksimal. 

Tahu

Tahu adalah olahan kacang kedelai yang juga sangat sehat buat tubuh. Tahu adalah makanan yang sangat aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Dengan catatan, tahu dimasak tanpa minyak atau tambahan lemak lainnya. 

Bawang Putih dan Bawang Merah

Baik bawang putih atau bawang merah, ini merupakan makanan dengan aroma yang sangat menyengat. Beberapa orang mungkin tak menyukai makanan ini karena aromanya. Tapi jangan salah, di balik aromanya yang menyengat, bawang menjadi makanan kaya nutrisi dan baik buat kesehatan. Bawang putih maupun bawang merah, dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bawang ini juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Buah Alpukat

Buah alpukat adalah buah dengan lemak baik di dalamnya. Buah ini juga memiliki cita rasa yang sangat lezat. Alpukat adalah sumber nutrisi terbaik bagi tubuh, mulai dari bayi hingga orang dewasa. 

Itulah sekian makanan sehat yang aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat. Tak hanya penderita kolesterol tinggi yang disarankan konsumsi makanan di atas. Bagi kamu yang kadar kolesteronya stabil, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan di atas. Ini agar menjaga kestabilan kolesterol dan mencegah naiknya koelsterol dalam darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading