Sukses

Health

10 Buah Kaya Serat dan Nutrisi, Dapat Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu memiliki kadar kolesterol dalam tubuhnya baik kolesterol baik atau HDL maupun kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol baik memang dibutuhkan dalam tubuh untuk membentuk vitamin dan hormon, sedangkan kolesterol jahat yang biasanya berasal dari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak trans dan jenuh sehingga memberikan efek kesehatan kepada jantung. 

Tak hanya itu, kolesterol jahat juga dapat meningkat akibat gaya hidup yang tidak sehat. Kamu perlu terlebih dahulu mengecek kadar kolesterol supaya tahu cara penanganan terbaik. Namun, jika ingin mengurangi kadar kolesterol dengan sederhana kamu bisa mulai dengan merubah pola hidup dan pola makan yang sebelumnya tidak sehat menjadi sehat. i

Pola hidup sehat dapat dilakukan seperti dengan berolahraga atau memperbanyak aktivitas fisik, sedangkan untuk pola makan sehat kamu dapat sayuran, buah-buahan, minum jus penurun kolesterol, dan lainnya. Namun, jika kadar kolesterol kamu sudah sangat berbahaya biasanya dokter akan memberikan obat untuk penurun kolesterol karena jika kolesterol dibiarkan dalam tubuh akan sangat berbahaya.

 

 

Buah-Buahan yang dapat menurunkan Kolesterol

Dilansir dari healthshots.com, terdapat 5 buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol:

  1. Buah kaya serat dapat menyehatkan jantung dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Buah kaya serat yang dapat kamu konsumsi yaitu apel dan pir. Serat dalam buah atau makanan juga dapat menurunkan tekanan darah dan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga memungkinkan untuk dapat menurunkan berat badan.
  2. Berry merupakan pembangkit tenaga listrik yang bergizi dan menjadi salah satu sumber fitonutrien yang paling enak serta serbaguna karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Tak hanya itu, berry juga kaya akan bahan kimia bioaktif yang dapat mencegah penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya. 
  3. Alpukat. Dengan memakan alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lain dari makanan yang dikonsumsi. Alpukat juga memiliki banyak lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang bermanfaat bagi jantung. Selain itu, alpukat dapat mengatur kadar kolesterol HDL dan LDL pada tubuh.
  4. Pisang merupakan buah yang penuh serat, vitamin, mineral, dan gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, pisang juga sebagai sumber potasium dan serat yang baik yang dapat mengurangi kolesterol dan tekanan darah serta faktanya pisang mengandung vitamin C dan magnesium. 
  5. Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan serat karena memiliki kualitas antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol HDL.

Tomat, Pepaya, Apel, Anggur, dan Nanas Juga Bisa?

Tak hanya kelima buah tersebut. Dilansir dari india.com, pepaya, tomat, dan apel juga dapat menurunkan kolesterol. Tomat merupakan kombinasi buah dan sayuran terbaik yang memiliki berbagai nutrisi seperti vitamin A, B, C, dan K. Tomat dianggap makanan ramah jantung karena dapat mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol, sedangkan pepaya merupakan buah yang kaya akan serat sehingga dapat mengendalikan tekanan darah dan mengatur kadar LDL dalam tubuh. Apel sendiri merupakan buah yang renyah dan enak serta dapat mengurangi kadar kolesterol LDL.

Sedangkan untuk anggur dan nanas juga dapat menurunkan kolesterol karena anggur yang masuk ke aliran darah sehingga membawa semua kolesterol jahat ke hati untuk diproses dan nanas merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik. Tak hanya itu, bromelain dalam nanas juga memecahkan endapan kolesterol di arteri yang mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung, dilansir dari hindustantimes.com

 

 

*Penulis: Fani Varensia

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading