Sukses

Health

Penyebab Eczema yang Sangat Mengganggu dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Gatal-gatal yang dirasakan di badan umumnya terjadi karena gigitan serangga. Gatal-gatal yang kamu rasakan karena gigitan serangga ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya, apalagi jika kamu rajin membersihkan badan.

Namun terkadang gatal-gatal di badan muncul dengan sendirinya. Padahal kamu merasa tidak digigit serangga apapun. Tidak jarang rasa gatal ini bertahan lama dan tidak kunjung hilang.

Bisa jadi gatal yang kamu rasakan ini karena kamu terkena eczema atau eksim. Selain gatal, kulit yang terkena eksim akan terasa sangat kering.

Lalu sebenarnya apasih penyebab eczema? Simak penjelasannya berikut ini serta cara mengatasinya.

1. Kelainan genetik

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit eksim adalah mutasi genetik, yakni pada gen CARD11. Mutasi pada gen ini bisa membuat sel imun tubuh yang disebut limfosit T tidak berfungsi dengan baik, sehingga sistem kekebalan tubuh bisa terganggu.

Selain itu, penyebab eksim juga dikaitkan dengan adanya mutasi gen FLG yang menghasilkan filaggrin. Filaggrin adalah protein yang penting untuk melindungi dan melembapkan lapisan kulit teratas (epidermis). Tanpa filaggrin yang cukup, kulit akan menjadi kering hingga akhirnya rentan mengalami eksim.

2. Riwayat penyakit dalam keluarga

Warisan sifat genetik dalam keluarga juga menjadi salah satu faktor penyebab eksim. Beberapa studi menunjukkan bahwa seseorang akan rentan terkena eksim jika ia memiliki riwayat penyakit asma atau rhinitis alergi dan memiliki anggota keluarga kandung yang juga menderita eksim.

3. Gangguan sistem imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif atau memberi respons secara berlebihan ketika terpapar alergen atau iritan dapat memicu reaksi peradangan di kulit. Alergen adalah suatu zat, benda, atau kondisi yang dapat memicu munculnya reaksi alergi. Hal inilah yang membuat seseorang berisiko mengalami eksim atau dermatitis atopik.

Faktor yang Memperburuk Eczema

Selain beberapa penyebab eksim di atas, ada juga faktor lain yang dipercaya dapat memicu terjadinya eksim atau bahkan memperburuk gejalanya, yaitu:

  • Perubahan hormon
  • Alergi makanan, misalnya alergi terhadap susu sapi, telur, kacang, kedelai, seafood, atau gandum
  • Paparan alergen dari lingkungan, seperti suhu dingin atau panas, udara kering, bulu hewan, debu, asap rokok, atau serbuk sari tanaman
  • Penggunaan sabun dan pembersih dengan kandungan zat kimia keras dan iritatif bagi kulit, misalnya detergen dan pewangi
  • Bahan pakaian yang tidak nyaman dan dapat menimbulkan iritasi, seperti wol atau kain sintetis

Cara Mengatasi Eczema

1. Kompres dingin saat terasa gatal

Saat kamu merasa gatal, hindari untuk menggaruk karena bisa menimbulkan luka dan iritasi yang dapat menyebabkan infeksi. Sebagai solusi, berikan kompres dingin pada area kulit yang terasa gatal untuk meredakan rasa gatalnya.

2. Mandi air hangat

Untuk mengatasi rasa gatal dan mengurangi iritasi di kulit, kamu juga bisa mandi dengan air hangat. Hindari Mandi dengan air yang terlalu panas karena bisa membuat kulit meradang dan kering, sehingga gejala eksim bisa kambuh atau semakin parah.

3. Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Penderita eksim dianjurkan untuk mengenakan pakaian berbahan lembut, sejuk, dan menyerap keringat, misalnya bahan katun. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya keringat berlebih yang dapat memicu ruam dan gatal.

4. Gunakan sabun mandi yang tepat

Saat mandi, gunakanlah sabun berbahan kimia lembut dan bebas pewarna maupun pewangi agar tidak mengiritasi kulit. Kamu juga tidak dianjurkan menggunakan sabun antiseptik karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Agar lebih aman, pilihlah produk sabun yang berlabel “hypoallergenic”.

5. Gunakan pelembap khusus

Menggunakan pelembap kulit secara rutin penting dilakukan oleh penderita eksim agar kulit tidak kering dan tetap sehat. Oleskanlah pelembap 2 atau 3 kali sehari, terutama setelah mandi.

Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah pelembap khusus yang mengandung allantoin, ceramide, glycerin, caprylic, pentylene glycol, niacinamide, panthenol, serta sodium hyaluronate.

Selain dapat menjaga kelembapan kulit, pelembap khusus dengan bahan-bahan tersebut juga dapat meringankan gejala eksim, seperti kulit kering, ruam, dan gatal. Gunakan produk pelembap tersebut sesuai anjuran dokter atau petunjuk pemakaian seperti yang tercantum pada label kemasan.

Selain melakukan hal tersebut di atas, sebaiknya kamu juga periksakan kondisi eksim yang kamu alami tersebut ke dokter. Nanti dokter akan memantau perkembangannya dan memberikan pengobatan yang membuat eksimmu berkurang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading