Sukses

Health

Payudara dan Puting Sering Gatal? Ternyata Ini Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami gatal di payudara, bahkan puting? Gatal pada payudara dan putih bisa membuat frustasi karena akses untuk menggaruk tidak bisa dilakukan di tempat umum.

Eksim adalah penyebab umum

Eksim payudara adalah penyebab umum payudara dan puting terasa gatal. Jaringan dan kulit lebih sensitif, serta rentan terhadap iritasi.

Bentuk eksim yang paling umum adalah dermatitis atopik, yang biasanya bermanifestasi sebagai kulit gatal, kering, dan teriritasi di sekitar lipatan, seperti bagian belakang lutut dan siku. Namun, ini bisa terjadi pada payudara dan puting juga. Ada juga eksim kontak atau dermatitis kontak, rasa gatal serupa yang berasal dari kontak dengan bahan iritan.

Perubahan tubuh dan kulit

Payudara gatal sering disebabkan oleh kulit kering. Pertumbuhan payudara, karena kehamilan, pubertas atau kenaikan berat badan adalah perubahan hormonal, mastitis, infeksi jamur, dan menyusui.

Puting sering menjadi kering dan iritasi karena menyusui. Suhu ekstrem seperti mandi air panas atau cuaca kering yang sejuk bisa menyebabkan iritasi kulit, gatal, dan pembengkakan, sedangkan payudara dan puting sering terlupakan untuk dilembapkan.

Hindari menggaruk

Menggaruk dapat memperburuk rasa gatal dan menyebabkan iritasi, serta kerusakan kulit. Kompres dingin di area yang gatal bisa membantu meredakan gatal dan mengurangi peradangan.

 

Sesuatu yang lebih serius

Ada entitas langka namun penting disebut penyakit Paget pada payudara yang bisa memunculkan eksim pada puting. Biasanya muncul sebagai lesi scaling, eczematous, atau ulserasi yang persisten, yang melibatkan kompleks puting-areolar.

Penyakit ini biasanya hanya menyerang satu puting, jadi perhatikan jika kamu melihat iritasi hanya pada satu sisi puting. Gatal dan ruam bisa menjadi tanda dari penyakit ini, yang terkait dengan kanker payudara, di mana sel kanker dari tumor payudara menyebar melalui saluran susu.

Kanker payudara inflamatori adalah diagnosis langka lainnya yang terkadang menyebabkan rasa gatal. Gejala lainnya mungkin termasuk pembengkakan, perubahan warna, nyeri saat ditekan, dan perubahan cepat lainnya pada payudara selama beberapa minggu.

Hubungi dokter jika keadaan tidak membaik

Ada banyak penyebab umum payudara dan puting gatal yang mengindikasikan kondisi mendasar yang lebih serius. Tapi jika penyebab umum ini dikesampingkan dan rasa gatal tidak membaik, terutama jika itu unilateral dan disertai ruam, maka penting untuk dievaluasi oleh dokter untuk memastikan bahwa itu bukan kanker payudara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading