Sukses

Health

Waspada! 5 Kebiasaan Ini Bisa Memperparah Masalah Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat menjadi masalah kulit yang tak hanya menggangu. Tapi ini juga bikin rasa percaya diri kita berkurang saat mengalaminya. Apalagi, jika jerawat juga menimbulkan bekas yang membuat kulit yang semulus sebelumnya. Mengenai masalah jerawat, ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Termasuk melakukan kebiasaan sehari-hari yang banyak orang tak menyadari bahwa hal tersebut menyebabkan jerawat. 

Mengutip dari laman healthline.com, inilah beberapa kebiasaan yang bisa memperburuk jerawat. Kebiasaan ini juga bisa membuat jerawat membekas bahkan menyebabkan bopeng di kulit. Sebisa mungkinm hindari kebiasaan ini ya Sahabat Fimela.

Mencuci Muka dengan Keras

Mencuci muka menjadi aktivitas harian yang wajib kamu lakukan jika ingin dapatkan kulit wajah bersih. Namun, kebiasaan mencuci kulit wajah dengan keras, justru meningkatkan risiko jerawat. Tak hanya mencuci wajah dengan keras yang menyebabkan jerawat, menuci wajah atau muka terlalu sering juga meningkatkan risiko masalah ini.

Menyentuh Wajah Saat Tangan Kotor

Kebiasaan menyentuh wajah saat tangan kotor, bisa memperparah jerawat. Tangan yang kotor bisa mengandung bakteri, kuman dan sel-sel mati yang bisa menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat, ini akan meningkatkan risiko penumpukan kotoran dan timbullah jerawat.

Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat juga bisa menyebabkan jerawat. Hal ini hanya akan memperparah masalah jerawat yang ada. Ini juga akan membuat jerawat membekas dan menimbulkan bercak hitam bekas jerawat di wajah. 

Penggunaan Kosmetik yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

Tidak semua jenis kosmetik cocok untuk semua jenis kulit. Ada beberapa jenis kosmetik yang tidak cocok untuk kulitmu. Hal ini bisa menyebabkan jerawat atau rusaknya kulit wajah. Sebaiknya, gunakan produk kosmetik yang ramah untuk kulitmu. Coba beberapa jenis kosmetik dan cari tahu mana yang paling cocok.

Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Makanan yang manis memang menggugah selera. Namun, makanan manis hanya akan memperparah masalah jerawat. Makanan yang berlemak pun bisa menyebabkan jerawat tumbuh semakin parah. Kalau pun ingin konsumsi makanan manis, sebaiknya konsumsi makanan manis dengan manis alami seperti sayur dan buah. 

Itulah sekian kebiasaan yang bisa memperparah masalah jerawat. Pastikan untuk menghindari segala kebiasaan ini ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading