Sukses

Beauty

5 Cara Mudah Menghindari Munculnya Jerawat Baru

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang bisa muncul disegala usia. Munculnya jerawat baru di kulit wajah, bisa disebabkan karena adanya faktor hormon yang berubah-ubah. Salah menggunakan produk kecantikan dan pola hidup yang kurang baik juga akan memicu munculnya jerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat di kulit, seperti menggunakan skincare khusus jerawat, perawatan di klinik kecantikan dan melakukan pola hidup yang sehat. Namun, cara untuk menghilangkan jerawat ini harus dilakukan secara konsisten.

Sahabat Fimela bisa memulai merawat wajah dengan cara yang sederhana. Penggunaan skincare untuk menghilangkan jerawat juga harus dipilih dengan benar. Agar jerawat baru tidak mucul lagi di kulit wajah, yuk baca artikel berikut ini:

Cara Mudah Menghindari Munculnya Jerawat Baru

1. Melakukan Double Cleansing

Memiliki kulit wajah yang kotor dan berminyak, bisa memicu munculnya jerawat baru di wajah. Apalagi kalau menggunakan makeup dan berkeringat setelah beraktivitas seharian. Sehingga cara menghindari munculnya jerawat baru di wajah, yaitu dengan mencuci wajah dengan teknik double cleansing.

Sahabat Fimela bisa menggunakan micellar water, cleansing oil atau cleansing balm sebagai langkah pertama membersihkan wajah. Langkah pertama ini berfungsi untuk mengangkat debu, kotoran dan makeup. Setelah itu bersihkan wajah dengan facial wash atau facial foam, yang memiliki tekstur gentle untuk menyeimbangkan pH kulit, melembapkan kulit wajah dan membersihkan sisa kotoran dan makeup yang ada di dalam pori-pori.

2. Mengeksfoliasi Kulit

Cara menghindari munculnya jerawat baru yang selanjutnya, yaitu dengan rutin mengeksfoliasi wajah setiap seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan produk skincare berupa toner atau masker. Eksfoliasi wajah berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di dalam pori-pori, mengontrol produksi minyak, mengecilkan pori-pori dan mencegah komedo, yang merupakan cikal bakal jerawat baru. Eksfoliasi wajah tidak boleh dilakukan setiap hari, karena akan mengiritasi wajah yang berjerawat.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Jerawat baru bisa muncul akibat pola makan yang kurang sehat, seperti terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak atau gula tambahan. Kandungan lemak dan gula tambahan di dalam makanan, bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Semakin tinggi kadar insulin di dalam tubuh, maka kelenjar minyak akan memproduksi minyak dan keringat secara berlebih. Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan vitamin, mineral, protein, karbohidrat, serat dan nutrisi lainnya, untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya jerawat baru.

Cara Mudah Menghindari Munculnya Jerawat Baru

4. Rajin Berolahraga

Rutin melakukan olahraga bisa membantu menghindari munculnya jerawat baru di kulit. Karena olahraga bisa mengeluarkan keringat, yang bisa membersihkan pori-pori dan membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga tubuh bisa menyuplai oksigen dan nutrisi secara optimal ke kulit, dan hasilnya kulit akan terlihat lebih bersih dan sehat.

Olahraga bisa dilakukan setiap hari, seperti yoga, jogging, bersepeda, cardio atau angkat beban. Rutin berolahraga juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Lakukan olahraga di pagi atau sore hari untuk mendapatkan manfaat yang baik.

5. Mengonsumsi Air Putih

Cara terakhir menghindari munculnya jerawat baru, yaitu dengan rajin mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, atau sekitar 2 hingga 3 liter per harinya. Air putih bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, yang baik untuk menjaga lapisan kulit tetap sehat, mencegah tanda penuaan dini pada kulit dan membantu menghidrasi kulit. Air putih juga bisa membantu mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Jika tubuh memiliki banyak racun, akan menyebabkan masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah memicu munculnya jerawat baru.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading