Sukses

Health

Waspada Kontaminasi PFAS dalam Air Minum, Senyawa Berbahaya yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan gigi. Selain menjaga kebersihan mulut melalui perawatan rutin di klinik gigi, ternyata minum air putih yang cukup juga mempengaruhi kondisi gigi, lho.

Air minum sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kelangsungan hidup manusia. Dilansir dari World Health Organization (WHO), tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air, dan air memiliki peran penting dalam menjaga fungsi organ-organ tubuh yang penting, seperti ginjal, hati, dan otak.

Selain itu, air minum yang cukup dan berkualitas juga penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena air minum efektif membantu membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi dan meminimalisir pertumbuhan bakteri di mulut. Apabila kurang minum air atau mengonsumsi air minum yang terkontaminasi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti dehidrasi, sakit kepala, masalah pencernaan, dan infeksi saluran kemih.

Disamping itu, perlu diwaspadai bahwa air minum juga dapat terkontaminasi dengan senyawa PFAS (Perfluoroalkyl Substances). Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, PFAS adalah kelompok senyawa kimia yang memiliki sifat tahan air, minyak, dan panas yang digunakan dalam berbagai produk industri dan konsumen seperti baju hujan, kemasan makanan, dan bahan tahan api.

Air minum yang terkontaminasi zat PFAS dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sebab, senyawa tersebut dapat mempengaruhi kualitas enamel gigi. Enamel gigi adalah lapisan luar keras yang melindungi gigi dari kerusakan.

Pentingnya memilih air minum yang higenis dan berkualitas

Namun, jika air minum terpapar PFAS dalam jumlah yang cukup besar, enamel gigi dapat menjadi lebih rapuh dan mudah terkikis. Akibatnya, gigi menjadi lebih rentan terhadap karies gigi dan kerusakan lainnya. Tak hanya itu, PFAS juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia dan memicu masalah kesehatan lainnya seperti gangguan hormonal, masalah hati, dan kanker.

Beberapa sumber air minum yang mungkin terkontaminasi PFAS adalah sumur air, sistem air limbah, dan air permukaan. Fakta ini mendorong masyarakat untuk lebih waspada ketika ingin meminum air langsung dari sumber air di rumah. Dalam hal ini, penggunaan pemurni air atau water purifier dilengkapi sistem penyaring berlapis menjadi solusi paling efisien dan efektif. 

Coway merupakan perusahaan air dan udara No.1 di Korea Selatan, memahami kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan air minum yang aman dan higenis. Water purifier Coway telah mendapatkan sertifikasi dari Water Quality Association (WQA) yang memungkinkan air dapat diminum langsung dari keran di rumah tanpa resiko terpapar kontaminasi PFAS atau zat berbahaya lain.

Sebagai perusahaan yang erat kaitannya dengan kesehatan, Coway bekerja sama dengan klinik gigi Audy Dental  turut mendukung langkah hidup sehat. Melalui kerja sama ini, Coway menempatkan produk water purifier di berbagai cabang Audy Dental yang terletak di Pondok Bambu, Kemang, dan Cipete. Hal tersebut bertujuan agar pasien Audy Dental dapat merasakan langsung air minum berkualitas dan udara yang bersih selama melakukan aktivitas perawatan gigi di Audy Dental.

Coway memenuhi kebutuhan masyarakat mendapatkan air minum yang higenis

“Kerja sama ini merupakan bentuk kontribusi sosial Coway sebagai perusahaan yang memiliki keahlian di bidang air dan udara dalam melindungi hal-hal yang berharga dari alam. Kami melihat peranan penting Audy Dental dalam meningkatkan kesehatan masyarakat lewat layanan premiumnya sebagai alasan utama untuk berkolaborasi bersama.” ujar Jeon Chan selaku Chief of Marketing & Education Coway Indonesia yang memaparkan alasan mengapa Coway memilih Audy Dental sebagai brand partner seperti tertulis dilansir dari Coway.id.

Drg. Ary Agustanti selaku Manager Marketing Audy Dental juga menyambut baik kerja sama dengan Coway dan mengapresiasi kepedulian Coway terhadap kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan air minum dan udara yang bersih. Selain itu, kehadiran Coway juga sejalan dengan visi Audy Dental yaitu memberikan patient experience yang terbaik, sehingga pasien merasa nyaman dan tenang selama menjalani perawatan gigi di Audy Dental. 

Layanan Coway di Indonesia sudah tersedia di seluruh wilayah Jabodetabek, dan sudah meluas ke Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: Careline (CS) : 1500 070 / 0812 8415 0070 atau website https://coway.id.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading