Sukses

Health

7 Cara Menggunakan Daun Kelor untuk Diet Harian

Fimela.com, Jakarta Daun kelor sama dengan tanaman lainnya yang memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Dilansir dari pharmeasy.in, pohon kelor atau yang dikenal dengan pohon ajaib memiliki khasiat obat pada daun, buah, getah, minyak, akar, kulit kayu, biji polong, dan bunga pohon yang memiliki banyak kegunaan. Biasanya pohon kelor juga dikenal dengan sebutan pohon stik drum. 

Pohon kelor dapat ditemuka di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan walau berasal dari India bagian utara. Daun kelor sangat kaya akan nutrisi dan biasanya digunakan dalam masakan India karena fungsinya yang serbaguna dan dapat dimasukkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Dilansir dari medicalnewstoday.com, daun kelor memiliki sifat anti-jamur antivirus, antidepresan, dan anti-inflamasi.

Tak hanya itu, daun kelor mengandung berbagai protein, vitamin, dan mineral serta memiliki sedikit efek samping. Daun kelor juga mengandung banyak senyawa yang menyehatkan seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), b-6, folat dan asam askorbat (vitamin C), kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng. Selain itu, daun kelor juga memiliki lemak yang sangat rendah dan tidak mengandung kolesterol yang berbahaya.

 

 

Cara Memasukkan Daun Kelor untuk Diet

Dilansir dari wellandgood.com, daun kelor dapat kamu gunakan untuk diet harian dengan cara sebagi berikut:

  1. Campur dan aduk ke dalam air. H20 panas atau dingin dapat bekerja walau lebih mudah larut dalam air hangat yang dicampur dengan lemon dan madu. 
  2. Seduh sebagai teh. Terdapat berbagai merek tah yang berbahan dasar kelor atau teh yang diresapi kelor seperti Moringa Organik Traditional Medicinals dengan Spearmint dan Sage.
  3. Mencampurkan ke dalam smoothie. Daun kelor dapat digabungkan dengan smoothie hijau seperti smoothie tropis yang dibuat dengan nanas, mint, dan jeruk nipis.
  4. Taburkan ke dalam sup. Daun kelor dapat digabungkan ke dalam resep cair apapun terutama sup seperti asparagus untuk penghilang kembung, miso untuk penyeimbang hormon, dan labu serta buncis untuk penambah kekebalan.
  5. Dapat dipanggang menjadi apa saja. Kocok menjadi saus salad.

 

Manfaat Daun Kelor

Dilansir dari medicalnewstoday.com, daun kelor memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  1. Melindungi dan menutrisi kulit dan rambut. Minyak biji kelor dapat melindungi rambut dari radikal bebas dan menjaganya tetap besih dan sehat. Selain itu, kandungan protein dapat melindungi sel kulit dari kerusakan.
  2. Mengobati edema. Sifat anti-inflamasi dari kelor dapat mencegah berkembangnya edema.
  3. Melindungi hati terhadap kerusakan yang disebabkan oleh obat anti-tuberkulosisi dan mempercepat proses perbaikannya.
  4. Mencegah dan mengobati kanker. Ekstrak daun kelor mengandung khasiat yang mencegah perkembangan kanker. Selain itu, kandungan niazimicin yang terkandung dapat menekan perkembangan sel kanker.
  5. Mengobati keluhan lambung. Esktrak daun kelor dapat mengobati beberapa gangguan lambung seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa. Selain itu, sifat antibiotik dan antibakteri yang terkandung dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patigen serta kandungan vitamin B yang tinggi membantu pencernaan. 
  6. Melawan penyakit bakteri karena sifat antibakteri, antijamur, dan antimikrobanya dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh salmonella, rhizopus, dan E. coli.
  7. Membuat tulang lebih sehat. Kandungan kalsium dan fosfor yang dapat membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Selain itu, seiring dengan sifat anti-inflamasinya juga dapat mengobati radang sendi dan menyembuhkan tulang yang rusak.
  8. Mengatasi gangguan mood. Daun kelor dianggap dapat membantu mengobati depresi, kecemasan, dan kelelahan.
  9. Melindungi sistem kardivaskular. Antioksidan yang kuat terkandung dapat mencegah kerusakan jantung dan menjaga kesehatan jantung.
  10. Membantu menutup luka dan mengurangi munculnya bekas.
  11. Mengobati diabetes. Daun kelor mengurangi jumlah glukosa dalam darah dan gula serta protein dalam urin. 
  12. Mengobati asma. Daun kelor dapat mengurangi keparahan beberapa serangan asma dan melindungi dari penyempitan bronkial.
  13. Melindungi dari gangguan ginjal. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu tingkat toksisitas pada ginjal.
  14. Menurunkan tekanan darah tinggi. Daun kelor mengandung isothiocyanate dan niaziminin yang dapat menghentikan penebalan arteri.
  15. Meningkatkan kesehatan mata. 
  16. Mengobati anemia dan penyakit sel sabit. 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

#Breaking Boundaries

What's On Fimela
Loading