Sukses

Health

7 Cara Bikin Rasa Air Putih Lebih Enak untuk Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang susah minum air putih setiap harinya karena tidak terbiasa minum air putih. Akhirnya banyak yang mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi, kurang konsentrasi, metabolisme lambat, sembelit, kulit kering hingga mengalami kadar kolesterol tinggi dan batu ginjal. Beberapa orang bahkan merasa tidak suka minum air putih karena berpikir rasanya tidak enak. Butuh pembiasaan untuk sering minum air putih, salah satu caranya mungkin menambahkan sesuatu dalam air putih agar rasanya lebih enak. Ada beberapa cara membuat air putih agar rasanya lebih enak jika ingin turunkan kolesterol karena buah-buahan ini ampuh turunkan kolesterol. Ini dia beberapa caranya.

1. Tambahkan citrus

Buah citrus atau jeruk-jerukan seperti jeruk nipis, lemon, sunkiss, jeruk peras, mandarin, jeruk keprok dan lain sebagainya bisa menambah kesegaran pada air putih. Membuat infused water dengan irisan atau perasan jeruk adalah cara klasik menciptakan rasa segar sekaligus menambah vitamin C dalam air putih. Jika memasukkan irisan jeruk ke dalam air putih, keluarkan setelah 3-4 jam karena lebih dari itu akan menimbulkan rasa pahit.

2. Tambahkan buah berry

Buah-buahan keluarga berry seperti stroberi, aspberry, blackberry, arbei, dan blueberry juga mampu meningkatkan rasa segar dan memberi kandungan vitamin C pada air putih tapi tetap rendah kalori. Bahkan jika suka, kamu bisa sekalian mengunyah buah-buah berry ini saat minum air putih karena bergizi. Bisa juga menambahkan anggur. Boleh ditambahkan setelah dipotong maupun utuh (untuk berry yang kecil).

3. Tambahkan semangka atau melon

Menambahkan buah semangka dan melon bisa menjadi pengganti gula karena menimbulkan rasa manis dan segar pada air putih. Beberapa buah lain yang cocok dimasukkan seperti buah mangga. tapi perlu diingat, merendam buah-buahan ini di dalam air putih sebaiknya jangan terlalu lama karena rentan benyek, justru tidak enak diminum. Cukup selama 15 menit lalu minum sekaligus makan buahnya.

4. Tambahkan mentimun

Menambahkan irisan mentimun juga bisa membuat rasa air putih segar. Biasanya penambahan mentimun dibarengi dengan daun mint dan perasan lemon sebagai menambah aroma yang harum dan segar karena beberapa orang tak suka bau mentimun. Penambahan irisan mentimun bisa disimpan agak lama, misalnya semalam, untuk meningkatkan rasanya yang kuat.

5. Tambahkan mint

Penambahan daun-daun herbal seperti berbagai macam mint, rosemary dan bahkan kemangi, mampu meningkatkan aroma sekaligus rasa yang unik sehingga tidak membosankan saat minum air putih. Pastikan sudah mencuci dengan bersih daun yang akan dimasukkan dan pilih daun-daun yang segar. Infused water dengan daun mint bisa disimpan semalam atau seharian di dalam kulkas.

6. Tambahkan teh

Cara sederhana tapi juga efektif membantumu meningkatkan asupan air putih setiap harinya penambahan teh. Seduh teh herbal atau daun teh, kemudian campurkan dengan air putih. Simpan di dalam kulkas, minum selagi dingin. Boleh ditambahkan madu atau sedikit gula jika kurang suka rasanya yang pahit dan sepat.

7. Tambahkan nanas dan tomat

Penambahan buah nanas juga memberikan kesegaran pada air putih sekaligus menambah vitamin C. Buah nanas teksturnya juga keras, sehingga tidak mudah hancur atau lembek jika kamu ingin membuat infused water yang disimpan selama semalam. Nanas juga terasa asam manis sehingga bisa menjadi pemanis alami pada air putih. Buah tomat juga bisa menambah rasa segar, campurkan dengan irisan nanas.

Itu dia sekian cara membuat air putih terasa lebih segar dan enak untuk menurunkan kolesterol. Yuk coba caranya agar tubuh lebih sehat, Sahabat Fimela!

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading