Sukses

Health

3 Makanan yang Bikin Kecerdasan Menurun, Penting Dihindari

Fimela.com, Jakarta Setiap hari seseorang membutuhkan makanan. Makanan adalah kebutuhan pokok setiap orang untuk mengisi energi dalam tubuh. Ada beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi dan membangkitkan energi. Beberapa makanan bahkan dikatakan sebagai sumber nutrisi terbaik yang mampu mengoptimalkan kesehatan fisik pun psikis seseorang. 

Mengutip dari laman thehealthyjournal.com, ada beberapa makanan yang bermanfaat menutrisi tubuh dengan baik dan meningkatkan kecerdasan. Tapi, tidak sedikit makanan yang justru buruk buat kesehatan hingga menurunkan kecerdasan. Berikut ini adalah daftar makanan yang menurunkan kecerdasan dan penting untuk dihindari. 

Makanan Cepat Saji

Hampir semua orang menyukai makanan cepat saji. Selain enak, makanan cepat saji juga praktis dan tahan lama. Namun penting diketahui, makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan. Terlebih untuk makanan cepat saji dengan bahan pemanis, garam dan bahan pengawet di dalamnya. 

Ini bisa meningkatkan beragam masalah kesehatan dan menurunkan kecerdasan. Studi menemukan jika makanan cepat saji menurunkan daya ingat dan kemampuan kognitif seseorang.

Makanan yang Dimasak berulang Kali

Beberapa makanan yang dipanaskan atau dimasak berulang kali, juga tidak baik untuk kecerdasan otak. Para ahli mengungkapkan jika makanan yang dimasak terlalu lama, sering dipanaskan kembali dan mengandung karbohidrat berlebih, akan cepat menurunkan kecerdasan otak. Makanan ini bahkan bisa mengandung kolesterol jahat yang berdampak negatif untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh ke depannya.

Daging Merah

Dalam porsi cukup, konsumsi daging merah memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, jika konsumsi daging merah berlebihan, dengan proses pemasakan yang terlalu lama, ini yang tidak baik untuk kesehatan. Daging merah tinggi kolesterol, lemak jenuh dan beberapa hal lain yang berbahaya buat kesehatan. 

Studi yang diterbitkan di dalam  European Heart Journal, ditemukan bahwa daging merah bisa menurunkan kemampuan kognitif seseorang. Daging merah yang dikonsumsi secara berlebih dan terus-menerus, bisa menurunkan kecerdasan. Ini bahkan bisa meningkatkan risiko jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Itulah sekian makanan yang bisa menurunkan kecerdasan. Ketika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan, ini juga bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit mematikan. Yuk Sahabat Fimela, lebih bijak dalam memilih dan mengonsumsi makanan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga memiliki fisik serta psikis yang sehat selalu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading