Sukses

Health

9 Cara Menurunkan Demam Anak dengan Pengobatan Alami

Fimela.com, Jakarta Saat anak demam dipastikan membuat orangtua panik. Apalagi mereka cenderung jatuh sakit karena sistem kekebalan yang belum cukup kuat untuk melawan udara beracun termasuk alergi musiman.

Terutama di musim hujan yang gampang bikin sakit seperti flu, pilek, dan demam. Namun, jangan sampai panik berlebihan, kita bisa melakukan beberapa pengobatan rumahan alami untuk mengurangi demam dan mencegah suhunya naik.

Berikut ini sembilan cara untuk menurunkan demam pada anak secara alami. Dan bisa juga menyembuhkan demam anak dengan pengobatan rumahan melansir dari berbagai sumber;

1. Sup yang bergizi

Bahaya sebenarnya dari demam pada anak bukanlah demam itu sendiri, tetapi dehidrasi yang jadi efek samping yang umum. Demam pada anak mungkin membuatnya berkeringat berlebihan dan dan kehilangan mineral penting. 

Inilah sebabnya kita perlu memastikan anak minum cukup cairan sepanjang hari untuk mengimbangi elektrolit yang hilang. Semangkuk sup panas adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk menurunkan demam pada anak secara alami.

2. Mandi sari apel

Meski mandi air dingin menjadi obat populer yang menurunkan demam pada anak-anak dan balita, faktanya mandi air dingin dapat mengejutkan suhu internal anak yang tidak membantu menurunkan demamnya. Mandi air hangat, di sisi lain, lebih lembut pada tubuh dan dapat menurunkan suhu tinggi dengan segera.

Untuk membuat mandi air hangat lebih efektif, tambahkan secangkir sari cuka apel ke dalamnya. Ini adalah salah satu pengobatan natural paling populer untuk demam pada anak-anak selama beberapa dekade. Kita juga bisa menambahkan beberapa tetes cuka sari apel ke dalam kompres hangat dan meletakkannya di atas dahi anak.

 

3. Teh herbal 

Jika anak menolak untuk minum air saat demam, cobalah memberinya teh herbal. Selama tidak mengandung kafein, teh herbal aman untuk anak-anak. Teh jadi salah satu pengobatan rumah alami terbaik untuk demam yang akan membuatnya tetap terhidrasi.

Teh kamomil jadi pilihan populer untuk menurunkan demam pada anak. Sementara teh peppermint dapat membantu mengatasi perut yang tidak enak dan meredakan saluran yang tersumbat. Kita juga bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam teh untuk rasa yang lebih enak dan kekuatan antibacterial ekstra.

4. Probiotik

Ketika sistem kekebalan anak bekerja keras untuk melawan infeksi, probiotik dapat membantu mengurangi demam.  Karena hampir 80 persen dari sistem kekebalan kita terletak pada mikroba kecil yang hidup di usus.

Untuk membantu memperkuat mikrobiota usus anak saat sakit, beri mereka satu dosis suplemen probiotik setiap hari. Kita juga bisa memberi suplemen probiotik dalam pengobatan antibiotik untuk mencegah sakit perut.

5. Es loli

Saat anak sakit, jangan merasa bersalah saat memberikan mereka es loli buah. Es loli dapat mendinginkan suhu anak dari dalam sekaligus menghidarsi pada saat yang bersamaan.

Kita bisa membuat sendiri es loli buah dengan membekukan puree buah dalam cetakan es loli. Disarankan untuk tidak memberikan gula rafinasi dalam es loli anak.

 

6. Gunakan kompres dingin

Pereda demam lamai untuk bayi antara lain menggunakan kompres dingin. Kompres dingin digunakan untuk menurunkan suhu tubuh secara signifikan. Tambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam empat sendok makan air dingin. Cuka beraksi sebagai penghilang panas, lalu campurkan.

Ambil kain bersih, celupkan ke dalam campuran tersebut lalu oleskan ke dahi bayi. Lanjutkan proses ini hingga terjadi penurunan suhu. Cara ini menjadi pengobatan rumah India yang populer untuk demam pada balita.

 

7. Pakaian yang tipus

Mengenakan pakaian katun tipis dapat membantu anak lebih mudah kehilangan panas melalui kulit. Karena anak-anak tidak dapat mengatur suhu tubuhnya dengan baik, akan lebih sulit untuk mendinginkannya setelah kepanasan dengan beberapa lapis pakaian. Cara ini akan menurunkan demamnya secara alami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading