Sukses

Health

9 Tips Efektif untuk Menghindari Bibir Kering Saat Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Puasa adalah waktu di mana umat Muslim menahan diri dari makan dan minum selama sekitar 12-16 jam setiap harinya. Selama puasa, tubuh akan kehilangan cairan dan nutrisi penting, sehingga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Namun, ada beberapa cara untuk menjaga bibir tetap lembut dan terhidrasi selama bulan puasa. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu menjaga bibir tetap lembut dan tidak kering saat puasa.

1. Minum air yang cukup

Minum air yang cukup sangat penting khususnya saat waktu berbuka maupun saat sahur. Hal ini bertujuan untuk menghindari bibir kering dan menjaga bibir tetap terhidrasi. Dilansir dari Kemkes, idealnya minum air putih minimal 8 gelas per hari atau 2 liter per hari. 

2. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat bibir kering. Oleh karena itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol selama bulan puasa.

3. Gunakan pelembap bibir

Pelembap bibir (lip balm) adalah cara yang efektif untuk menjaga bibir tetap lembut dan terhidrasi. Dilansir dari Healthline, pelembap bibir yang baik adalah pelembap yang mengandung bahan-bahan alami seperti shea butter, minyak jojoba, dan vitamin E.

Jangan menjilat bibir apabila bibirmu terasa kering!

Perlu diketahui, memilih pelembap bibir juga tidak boleh sembarangan. Kamu perlu memperhatikan pelembap bibir yang terbebas dari kandungan alkohol atau pewangi yang kuat. Sebab, kandungan tersebut dapat membuat bibir semakin kering.

4. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga bibir tetap lembut dan terhidrasi. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan salmon, alpukat, dan kacang-kacangan saat berbuka puasa atau saat sahur.

5. Hindari makanan yang terlalu pedas

Makanan yang terlalu pedas dapat membuat bibir terasa lebih kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, hindari makanan yang terlalu pedas selama bulan puasa.

6. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar

Dilansir dari Mayo Clinic, buah-buahan dan sayuran segar mengandung banyak air dan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga bibir tetap lembut dan terhidrasi. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar saat waktu berbuka atau pun sahur.

7. Jangan menjilat bibir

Tahukah kamu, menjilat bibir dapat membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. Sebaiknya kurangi kebiasaan menjilat bibir selama bulan puasa dan apabila bibir terasa kering, kamu bisa menggunakan pelembab bibir dengan kandungan bahan alami.

 

Hindari memakai lipstick selama bulan puasa

8. Jangan terlalu lama memakai lipstick

Lipstick dapat membuat bibir terlihat cantik. Akan tetapi, terlalu lama memakai lipstick ternyata dapat membuat bibir semakin kering. 

Oleh karena itu, sebaiknya hindari memakai lipstick sementara khususnya jenis lipstcik matte selama bulan puasa. Kamu bisa mengganti lipstick dengan lipbalm untuk menjaga bibir tetap lembut.

9. Gunakan masker bibir

Masker bibir adalah produk yang membantu melembabkan dan menutrisi bibit. Kamu bisa membuat masker bibir dengan bahan alami seperti madu, minyak kelapa. dan minyak almond. 

Selama bulan puasa, kamu juga bisa menggunakan masker bibir saat sebelum tidur sehingga hasilnya akan efektif menjaga bibir tetap lembut dan terhidrasi.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat menjaga bibir tetap lembut dan terhidrasi selama bulan puasa. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan menjaga tubuh tetap terhidrasi denan baik selama berbuka maupun sahur. 

Jangan lupa juga untuk beristirahat dengan cukup guna menjaga kesehatan selama bulan puasa. 

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading