Sukses

Health

Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Tentu saja tidak ada satu orang pun yang ingin sakit. Namun terkadang ada beberapa hal yang membuat imunitas tubuh jadi melemah dan membuat kita terserang penyakit. Misalnya terkena radang tenggorokan.

Peradangan di tenggorokan rasanya sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu. Terutama ketika digunakan untuk berbicara. Akibatnya, kamu jadi kesulitan bahkan hanya untuk berbicara sehari-hari. Meskipun merupakan suatu kondisi yang cukup umum terjadi, namun jika dibiarkan saja tanpa diobati hanya akan membuatmu tidak nyaman dan terus tersiksa.

Radang tenggorokan memang bisa terjadi karena imun tubuh yang melemah, namun terkadang ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama munculnya peradangan pada tenggorokan. Karena hal-hal ini ditambah dengan imun tubuh yang sedang melemah, maka terjadilah peradangan di area tenggorokan.

Lalu apa saja sih penyebab radang pada tenggorokan? Berikut beberapa penyebab radang tenggorokan dan cara mengatasinya.

1. Infeksi virus

Jika tubuh terinfeksi virus, maka tubuh akan dengan mudah terkena radang. Apalagi ketika imun tubuh sedang melemah. Virus yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan biasanya adalah virus flu atau batuk.

2. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri juga bisa jadi penyebab tenggorokanmu mengalami peradangan. Berikut ini adalah bakteri yang bisa menyebabkan radang tenggorokan: 

  • Difteri, yakni sebuah kondisi kesehatan yang berupa gangguan pernapasan yang memang lebih banyak dijumpai khusus di negara-negara berkembang.
  • Batuk rejan, yakni sebuah kondisi infeksi saluran pernapasan dan bisa menular.
  • Bakteri streptococcus pyogenes maupun grup A streptococcus yang memang paling sering menyebabkan tenggorokan meradang.

3. Tumor

Tumor pada tenggorokan juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan. Namun biasanya kasus radang tenggorokan yang disebabkan oleh tumor sangat jarang sekali terjadi.

Kalau radang tenggorokan memang terjadi karena tumor, maka akan muncul gejala lainnya seperti benjolan pada leher, napas yang berisik, kesulitan menelan, suara parau, batuk berdahak, serta air liur yang mengandung darah.

4. Alergi

Alergi yang kamu alami juga bisa menyebabkan tenggorokan jadi meradang. Beberapa jenis alergen contohnya serbuk sari, bulu dari hewan peliharaan, debu atau makanan yang kamu makan.

5. Merokok

Seperti yang telah diketahui bersama, kebiasaan merokok sangat berbahaya untuk kesehatan pernafasan. Tidak hanya untuk kesehatan pernafasan, merokok juga bisa menimbulkan peradangan pada tenggorokan.

6. Iritasi

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum adalah tenggorokan terkena iritasi. Iritasi pada tenggorokan bisa terjadi karena makan makanan yang pedas, makan goreng atau minum es. Radang tenggorokan karena iritasi yang tidak diobati dengan benar bisa berujung pada batuk.

7. Minuman beralkohol

Alkohol tidak hanya merugikan dan berbahaya untuk kesehatan organ pencernaan dan ginjal, namun juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Minuman beralkohol akan meninggalkan rasa kering di tenggorokan yang jika dilakukan secara terus menerus akan melukai tenggorokan dan membuatnya meradang.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

1. Berkumur dengan Air Garam

Telah dibuktikan oleh banyak orang yang sakit radang tenggorokan, berkumur-kumur menggunakan air garam termasuk efektif meredakan radang pada tenggorokan. Kalau ada benjolan di tenggorokanmu, air garam akan membantu meredakannya juga. Bakteri dan iritasi akan dapat diusir juga dari tenggorokan kita. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara melarutkan setengah sendok teh garam ke secangkir air hangat, kemudian kumurlah sehari beberapa kali.

2. Minum Obat Batuk Cair

Walau belum sampai pada tahap batuk, radang tenggorokan juga dapat diatasi secara ampuh menggunakan obat batuk cair. Biasanya obat batuk cair mengandung menthol atau zat yang biasanya mampu meredakan peradangan pada tenggorokan.

3. Minum Teh Hangat

Kalau kamu tidak ingin meminum obat, kamu bisa coba minum teh hangat. Antioksidan yang terkandung dalam teh akan membuat sistem imun tubuh menguat dan membasmi infeksi. Rasa hangatnya juga akan memberikan kenyamanan pada tenggorokan yang sedang meradang.

4. Minum Banyak Air Putih

Radang yang terjadi dapat disebabkan oleh kurangnya asupan air putih dalam tubuh. Agar tidak kering dan radang bisa cepat sembuh, minumlah 8-10 gelas air putih. Bila ingin ada rasa manisnya sedikit, kamu bisa tambahkan madu satu sendok teh.

Tentunya semua hal tersebut tidak akan bisa menyembuhkan radang tenggorokanmu kalau kamu tidak mengontrol makanan yang kamu makan. Selain itu, kamu juga harus istirahat yang cukup agar proses penyembuhannya bisa maksimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading