Sukses

Lifestyle

Penyebab Badan Sakit Setelah Olahraga Serta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan. Olahraga harus dilakukan secara rutin agar kesehatan bisa terus terjaga. Ada berbagai macam olahraga, contohnya seperti jogging atau berlari, yoga, cardio dan masih banyak jenis olahraga lainnya.

Namun terkadang badan merasa sakit ketika melakukan olahraga. Biasanya kondisi ini terjadi jika sudah lama tidak berolahraga atau pertama kali berolahraga. Jarang olahraga juga bisa membuat badanmu sakit setelah olahraga. Ternyata ada penjelasan mengenai hal ini.

Apa penyebab badan sakit setelah olahraga? Simak penjelasannya serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Badan Sakit Setelah Olahraga

Pada dasarnya, ketika melakukan olahraga yang baru atau gerakan yang otot jarang kamu lakukan, maka sel-sel otot pada bagian yang digunakan akan mengalami kerusakan. Hal ini disebut dengan DOMS atau Delayed Onset Muscle Sense.

Melansir WebMD, DOMS yang membuat badan sakit setelah olahraga biasanya dimulai dalam 12-24 jam setelah latihan yang berat dan mencapai puncaknya antara 24-72 jam. Ketika kerusakan ini, atau robekan mikro terjadi, tubuh akan memulai proses perbaikan dengan memicu peradangan di tempat yang terluka.

Meskipun kamu membuat sedikit kerusakan setiap kali berolahraga, jenis latihan tertentu terkenal karena menciptakan tingkat kerusakan yang lebih tinggi. Secara khusus, setiap latihan yang baru dan lebih intens dari biasanya, kemungkinan akan menyebabkan lebih banyak kerusakan dan rasa sakit daripada jenis latihan lainnya. Namun lama kelamaan tubuh akan melakukan penyesuaian.

Sebagai contoh, jika kamu baru pertama kali latihan push up sebanyak 10 kali, sangat mungkin lengan dan perut akan terasa sakit keesokan harinya karena tak terbiasa. Kemudian pada hari berikutnya, ketika ingin berlatih 10 kali push up lagi, otot Anda sudah lebih mampu beradaptasi menghadapi gerakan tersebut.

Cara Mengatasinya

1. Tetap lakukan gerakan ringan

Sebaiknya saat mengalami badan sakit setelah olahraga, kamu tetap melakukan gerakan-gerakan ringan dan bukan hanya beristirahat saja. Mungkin rasanya tidak nyaman, namun tubuh harus dipaksa untuk bergerak.

Tetap beraktivitas bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan memberikan nutrisi ke otot dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Gunakan ice pack atau mandi air hangat

Es dapat membantu mengurangi pembengkakan yang disertai rasa nyeri dan sakit.

Nah, untuk meredakan gejala badan sakit setelah olahraga di beberapa bagian tubuh, kamu bisa menggunakan ice pack atau alternatifnya menggunakan kain yang dibungkus dengan es.

Cara lainnya untuk meredakan badan sakit setelah olahraga adalah mandi menggunakan air hangat. Hal ini membantu untuk menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar.

3. Minum air putih cukup

Selalu pastikan tubuh terhidrasi dengan baik karena nyatanya dehidrasi bisa meningkatkan rasa sakit pada nyeri otot. Air membantu menyaring racun yang keluar dari tubuh dan bisa membuat kamu lebih semangat di dalam bergerak. Hal ini membantu mengurangi badan sakit setelah olahraga dan mempercepat proses penyembuhannya.

4. Banyak istirahat

Untuk membantu pemulihan badan sakit setelah olahraga, kamu dianjurkan untuk tidur selama 8-9 jam sehari dan mengonsumsi makanan tinggi protein. Jangan lupa minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

5. Konsumsi obat

Selain cara-cara di atas, mengonsumsi obat atau mengoleskan krim obat antinyeri, seperti obat golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS), juga dapat membantu. Cara ini juga dapat dilakukan pada DOMS yang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Itulah penyebab badan sakit setelah olahraga serta cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading