Sukses

Health

8 Cara Mudah untuk Mengatasi Morning Sickness di Awal Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Ada rasa bahagia, bangga, sedih bahkan khawatir saat seseorang tahu ia sedang hamil. Momen kehamilan menjadi seseorang harus lebih hati-hati dalam beraktivitas. Ini juga mendorongnya untuk lebih menjaga kesehatannya pun janin di kandungan. Karena tidak jarang, momen kehamilan bikin seseorang rentan lelah. Terutama jika ia mengalami morning sickness di awal kehamilannya.   

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi di masa awal kehamilan. Morning sickness bisa menunjukkan ciri kehamilan di usia 1 minggu. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada pagi hari, tapi juga siang, sore hingga sepanjang hari. Dalam beberapa kasus, morning sickness tak hanya terjadi di awal kehamilan. Ini juga bisa terjadi hingga kehamilan trimester kedua bahkan ketiga. Lantas, bagaimana untuk mengatasi morning sickness? 

Mengutip dari laman parents.com, berikut beberapa cara yang bsia dilakukan untuk mengatasi morning sickness.

Istirahat Cukup

Tips pertama adalah miliki istirahat cukup.  Pastikan untuk tidur cukup di siang maupun malam hari. Istirahat bisa membuatmu merasa lebih nyaman saat hamil. 

Minum Air Putih

Tips selanjutnya adalah minum air putih cukup. Minum air putih bisa mengatasi rasa mual dan muntah selama morning sickness. Ini juga bantu tubuh terhindar dari risiko dehidrasi yang bisa berbahaya untuk Mom maupun janin di kandungan.

Konsumsi Biskuit atau Camilan Gurih

Mengonsumsi biskuit renyah dan camilan gurih, bisa bantu mengatasi mual akibat morning sickness. Tapi ingat, pastikan untuk memiliki biskuit dan camilan sehat yang tidak mengandung bahan pengawet atau bahan kimia lain secara berlebih. 

Konsumsi Protein

Selanjutnya, konsumsi makanan yang tinggi protein seperti ikan, keju dan telur. Olahan aneka makanan ini menjadi makanan yang cocok di lidah dan tidak menyebabkan mual. Mom bisa menggoreng telur, menggoreng ikan atau memanggang makanan kesuksaan bersama keju. Makanan berprotein tinggi sangat baik dikonsumsi selama kehamilan. 

Makan Sedikit Tapi Sering

Mual dan muntah karena morning sickness, biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan banyak. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengubah pola makan. Saat hamil, cobalah untuk makan dengan porsi sedikit tapi lebih sering. Ini akan bantu mengatasi morning sickness dan mencukupi nutrisi dengan lebih baik. 

Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Mual

Sebaiknya, hindari aneka makanan dan minuman yang menyebabkan mual. Hindari pula aneka makanan dengan aroma menyengat. Selama kehamilan, indera penciuman akan lebih sensitif. Ini bisa meningkatkan risiko mual dan muntah selama morning sickness.

Hindari Stres

Usahakan untuk menghindari stres selama kehamilan. Stres hanya akan membuat morning sickness semakin parah. Ini juga rentan bikin kehamilan tidak terjaga dengan baik. Stres tak hanya berpengaruh pada kesehatan Mom, tapi juga berpengaruh pada kesehatan janin di kandungan. 

Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Sebaiknya, konsumsi vitamin dan suplemen yang dianjurkan oleh dokter. Vitamin dan suplemen ini bisa memaksimalkan tumbuh kembang janin di kandungan. Ini juga bisa mengatasi morning sikcness dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama hamil. 

Itulah sekian cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah morning sickness selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading