Sukses

Health

10 Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kita tahu, kadar kolesterol tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Ada banyak hal yang bisa memicu naiknya kolesterol dalam tubuh. Salah satu halnya adalah pemilihan makanan yang kurang tepat, kurang gerak hingga stres. 

Di bulan Ramadan seperti sekarang ini, naiknya kolesterol dalam tubuh dikatakan bisa berlangsung lebih cepat dari hari-hari biasa. Terlebih lagi, jika kamu memiliki kebiasaan makan yang buruk. Untuk menurunkan kadar koelsterol, mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa makanan sehat yang aman dikonsumsi sehari-hari pun selama bulan Ramadan. Adapun makanan tersebut antara lain sebagai berikut:

Buah Pisang

Makanan pertama untuk penurun kolesterol adalah buah pisang. Pisang mengandung zat insulin yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Buah satu ini juga aman untuk penderita masalah kesehatan lain seperti lambung, tekanan darah tinggi hingga diabetes. 

Sayuran Hijau

Makanan selanjutnya untuk penurun kolesterol ada sayuran hijau. Aneka sayuran hijau seperti sawi, bayam, brokoli dan kangkung, ampuh menurunkan kolesterol dengan cepat. Aneka sayuran hijau juga baik dikonsumsi selama bulan Ramadan sebagai sumber energi yang kaya serat di dalamnya.

Gandum

Gandum adalah makanan berikutnya yang bermanfaat menurunkan kolesterol. Gandung mengandung serat cukup tinggi di dalamnya. Ini tak hanya menurunkan kolesterol tetapi juga menyehatkan sistem pencernaan. 

Beras Merah

Beras merah mengandung vitamin B, magnesium, selenium, dan fitonutrien yang mampu menurunkan kadar lemak dalam darah. Makanan bernutrisi tinggi ini juga baik untuk makanan diet sekaligus penurun gula darah dalam tubuh. Beras meras aman dikonsumsi setiap hari bahkan selama bulan Ramadan.

Kedelai dan Olahannya

Kacang kedelai adalah makanan selanjutnya yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kedelai beserta olahannya seperti tahu, tempe dan susu kedelai, sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Makanan ini juga kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh secara menyeluruh. 

Kacang-Kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, ketapang, tanah dan merah, adalah makanan yang ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Aneka kacang-kacangan ini aman dikonsumsi secara rutin setiap hari selama bulan Ramadan. Makanan ini mengandung vitamin, antioksidan, serat, dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu ikan terbaik untuk menutrisi tubuh. Ikan salmon juga bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi. Yang lebih menarik lagi, ikan salmon bisa mencerdasakan otak dan menjaga kesehatan serta daya ingat otak tetap dalam kondisi terbaik setiap harinya. 

Alpukat

Alpukat kaya akan serat, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, serta nutrisi fitosterol. Aneka nutrisi ini bisa mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh cenderung rendah bila dikonsumsi dengan rutin. Tak hanya itu saja, nutrisi tersebut juga bisa menurunkan kolesterol secara perlahan tapi pasti. 

Buah Beri

Studi menemukan jika buah beri bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah beri bisa dikonsumsi secara langsung, dijus atau dibuat toping kue maupun puding. Aneka buah beri yang bisa menurunkan kolesterol antaranya blue beri, stroberi dan sejenisnya.

Bawang Putih

Siapa sangka, bawang putih rupanya bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu saja, makanan dengan aroma menyengat ini juga bermanfaat menurunkan tekanan darah. Ini bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Konsumsi bawang putih bakar 1 hingga 2 siung setiap hari, ini bantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh. 

Itulah sekian makanan yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading