Sukses

Health

5 Tips Mencegah Kambuhnya Penyakit Asma saat di Rumah

Fimela.com, Jakarta Sudah tidak asing bagi kamu mungkin untuk mendengar penyakit asma. Penyakit yang mungkin pernah kamu alami sendiri atau orang lain di sekitar kamu yang mengalaminya. Dilansir dari cdc.gov, asma merupakan penyakit yang menyerang pada bagian paru-paru dan dapat terjadi secara berulang. Namun, asma dapat dikendalikan dengan minum obat atau menghindari faktor yang dapat menyebabkan asma. 

Asma juga merupakan kondisi umum paru-paru yang terkadang mengalami kesulitan dalam bernapas. Penyakit ini dapat menyerang orang-orang dari segala usia. Biasanya asma ditandai dengan beberapa gejala utama seperti suara siulan saat bernapas, sesak napas, dada yang kencang dan terasa terikat, dan batuk. Namun, gejalanya terkadang bisa menjadi lebih buruk, dilansir dari nhs.uk. 

Asma dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti pembengkakan atau radang pada saluran pernapasan yang menjadi tempat pertukaran udara dari paru-paru. Hal tersebut, membuat saluran pernapasan menjadi sangat sensitif dan dapat menyempit sementara. Selain itu, asma juga dapat terjadi jika dipicu oleh alergi seperti bulu binatang atau tungau debu rumah. Asap, polusi dan udara dingin, latihan fisik, dan infeksi seperti flu juga dapat menyebabkan asma.

Tips mencegah asma di rumah

Asma merupakan penyakit yang cukup berbahaya sehingga perlu dilakukannya penanganan atau pencegah supaya tidak kambuh terutama saat berada di rumah. Walaupun tidak menular, tetapi berdasarkan data Kementrian Kesehatan RI pada akhir tahun 2020, jumlah penderita asma di Indonesia adalah sebesar 4,5% dari 12 juta kasus sehingga secara medis, asma merupakan penyakit yang tidak dapat sembuh secara total, tetapi dapat dicegah. Berikut tips mencegah asma yang diberikan oleh Coway:

Hindari udara yang terlalu dingin

Udara yang terlalu dingin memiliki tingkat kelembapan yang rendah daripada temperatur normal sehingga ketika udara dingin masuk ke dalam saluran pernapasan, paru-paru akan berkontraksi dan saluran pernapasan akan lebih mudah teriritasi. Oleh karena itu, udara yang terlalu dingin dapat menjadi salah satu faktor yang dapat memicu asma kambuh. Menggunakan jaket atau menghindari penggunaan AC dapat menjadi solusi supaya tubuh tetap hangat.

Mengatur pola makan yang sehat

Memiliki pola makan yang teratur dan sehat akan mencegah terjadinya asam lambung atau gerd. Asam dapat memicu refleks saraf yang menyebabkan saluran pernapasan menjadi menyempit dan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan sehingga memiliki pola makan yang sehat dan teratur dapat mencegah kamu untuk mengalami asma.

Rutin melakukan olahraga ringan di rumah

Melakukan olahraga yang terlalu berat dapat menyebabkan tekanan pada paru-paru yang membuat asma menjadi kambuh. Oleh karena itu, lakukan olahraga ringan secara rutin seperti berenang, jalan kaki, dan yoga yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, dalam berolahraga, kamu juga perlu menjaga pernapasan supaya terhindar dari kambuhnya penyakit asma.

Hindari faktor-faktor pemicu asma kambuh

Kualitas udara yang buruk dan ruangan yang berdebu dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya asma. Tak hanya itu, bulu binatang juga dapat membuat asma menjadi kambuh. Oleh karena itu, penting untuk kamu yang menderita asma untuk selalu menjaga kebersihan rumah karena dapat berdampak baik pada kesehatan terutama pada kesehatan saluran pernapasan.

Menjaga udara rumah agar tetap bersih dengan menggunakan Air Purifier

Udara yang bersih dapat mengurangi kambuhnya penyakit asma. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan adalah menggunakan Air Purifier, salah satunya produk dari Coway yaitu produk Air Purifier NOBLE. Produk Air Purifier NOBLE ini telah dilengkapi dengan 4D filter dan UVC yang mampu menyaring udara 360 derajat untuk memerangkap, membersihkan polutan dalam ruangan dan mengalirkan udara bersih dan sehat ke segala arah. Tak hanya itu, Double HEPA filter yang mampu menghilangkan asap rokok, virus, dan partikel yang berukuran hingga 0.01 mikrometer menjadikan Air Purifier NOBLE dari Coway ini dapat bermanfaat bagi kesehatan. 

Sejauh ini, memiliki lima produk Air Purifier yang dapat kamu pilih yaitu AP-1516D), Breeze (AP-1018F), Triple Power (AP-2318D), Tornado (AP-1520C), dan NOBLE (AP-2021A).

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading