Sukses

Health

5 Dampak Buruk Penggunaan Heels Setiap Hari yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Sepatu hak tinggi atau high heels merupakan salah satu aksesoris yang bikin perempuan tampak makin cantik, menawan dan mengesankan. Penggunaan sepatu heels juga bikin perempuan terlihat makin seksi. Heels kerap digunakan saat bekerja, pergi ke pesta atau sekedar jalan-jalan di mall. Tapi tahukah kamu Sahabat Fimela, penggunaan heels setiap hari justru tidak baik buat kesehatan. 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, buat kamu yang hobi pakai heels, harus lebih hati-hati dan waspada. Penggunaan heels yang terlalu sering dan lama, bisa berpengaruh buruk pada organ tubuh. Sayangnya, pengaruh atau dampak buruk ini seringkali tidak disadari. Berikut beberapa pengaruh atau dampak buruk tersebut.

Nyeri Sendi

Dampak buruk pertama adalah meningkatkan risiko nyeri sendi. Nyeri sendi ini paling sering terjadi pada area kaki atau punggung. Ini disebabkan karena seluruh tekanan tubuh terkonsentrasi di bagian belakang. Kondisi ini kemudian menyebabkan sirkulasi darah rendah di sekitar daerah tersebut kurang lancar dan menimbulkan rasa sakit.

Berpengaruh Pada Kesehatan Tulang Belakang

Memakai high heels terlalu sering dan lama, menyebabkan tulang belakang bergerak secara tidak wajar. Ini kemudian menyebabkan penekanan pada otot daerah lumbar. Memakai heels juga bisa menyebabkan keselarasan tulang belakang berubah.

Varises

Buat kamu yang suka pakai heels, coba lebih batasi penggunaan heels tersebut. Studi menemukan jika penggunaan heels yang terlalu sering, bisa meningkatkan risiko varises. Ini bisa membuat kaki terasa sangat nyeri, kaku dan kesemutan.

Cidera Lutut

Penggunaan heels yang terlalu sering atau setiap hari, ini akan membuat berat badan tertumpu pada bagian tengah lutut. Kondisi ini bisa menyebabkan cidera lutut dan rasa sakit pada lutut. 

Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam

Penggunaan heels yang terlalu sering, bisa meningkatkan risiko kuku kaki tumbuh ke dalam. Ini bisa menyebabkan kaki terasa sangat nyeri dan sakit. Dalam beberapa kasus, pasien dengan kuku kaki ke dalam, harus melakukan perawatan khusus. Bahkan, ada kasus di mana jari kaki harus diamputasi karena infeksi akibat kuku kaki yang tumbuh atau menancap ke dalam. 

Itulah sekian dampak buruk dari penggunaan heels setiap hari. Meski menggunakan heels terlihat makin cantik dan menawan, hal ini tidak baik jika dilakukan secara berlebihan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading