Sukses

Health

6 Kebiasaan Gaya Hidup ini Membantu Mencapai Berat Badan Ideal

Fimela.com, Jakarta Memiliki badan langsing ideal menjadi impian hampir seluruh perempuan. Siapa juga yang tidak mau memiliki badan sehat ramping dan ideal? Meskipun setiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda-beda, namun salah satu kunci utama untuk mencapai berat badan ideal adalah dengan melakukan diet sehat. Memang menurunkan berat badan tidak semudah yang dibayangkan, bisa menjadi rintangan yang sulit karena beberapa alasan yang berbeda.

Faktor yang paling banyak membuat gagal diet adalah hanya memikirkan bagaimana cara menurunkan berat badan dengan waktu yang singkat. Tentu ini salah dan bahkan akan membahayakan tubuh secara keseluruhan. Untuk mendapatkan berat badan ideal tidak bisa terjadi secara instan, jika bisa juga itu berbahaya dan tidak akan bertahan lama. Selain dengan menjalani program diet sehat, ada faktor lain yang  memengaruhi kenaikan atau penurunan berat badan, yaitu gaya hidup.  

Penurunan badan yang sehat dan bertahan lama menuntut kamu untuk merubah kebiasaan makan dan gaya hidup sehari-hari. Perubahan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dan konsisten dapat membantu dalam proses penurunan berat badan guna mencapai berat badan ideal. Walaupun tidak secara cepat bisa langsung mengurangi berat badan secara drastis, justru ini adalah cara yang paling baik dan sehat. Seharusnya perjalanan penurunan berat badan yang bertahan lama tidak akan menyiksa dan mengganggu kehidupan kamu. Dengan adanya perubahan-perubahan kecil dari waktu ke waktu akan sangat membantu dan memotivasi kamu untuk konsisten menjalani gaya hidup sehat. Lalu kebiasaan seperti apa yang bisa membantu menurunkan berat  badan?  Simak dibawah ini untuk mencapai berat badan ideal!

1. Jangan lupakan sarapan

Banyak  orang yang melewatkan makan sarapan karena berbagai alasan, tidak ada waktu, atau tidak terbiasa makan di pagi hari. Tubuh membutuhkan makanan untuk berenergi sepanjang hari.  Perut yang kosong memicu makan berlebihan di waktu selanjutnya. Maka dari itu, sarapan penting sangat penting agar tidak merasa lapar berlebihan yang mengakibatkan makan dengan jumlah yang banyak.

 

2. Fokus makan tanpa gangguan

Tidak sedikit orang yang hanya bisa makan sambil ditemani dengan hiburan didepannya, seperti film, komputer, TV, ataupun handphone. Justru dengan kebiasaan ini kamu tidak  akan mencicipi rasa hidangan kamu, dan cenderung tidak sadar  kamu sudah melahap makanan dengan berlebihan  karena pikiranmu  sudah teralihkan ke hiburan di  depan mata. Coba untuk matikan semua hiburan tersebut untuk  beberapa saat dan fokus  mencicipi apa  yang dimakan. Kebiasaan berlaku untuk semua orang dan bukan hanya untuk yang sedang menjalani program berat badan saja.

 

3. Rutin menimbang

Meskipun timbangan menjadi musuh oleh para pejuang diet, namun benda ini menjadi aspek penting dalam proses penurunan berat badan. Dengan menimbang berat badan secara berkala sekitar 2 minggu sekali, bisa mengetahui  seberapa besar kerja keras sudah berhasil dilakukan. Perlu diingat juga bahwa jangan sering-sering menimbang berat badan karena hanya akan  membuatmu stres dan tidak sabaran.

4. Mengunyah makanan dengan perlahan

Kebiasaan mengunyah makanan ternyata memengaruhi pencapaian berat badan ideal. Dikutip dari Mount Sinai, ketika mengunyah makanan dengan perlahan, kita memberi waktu untuk sistem pencernaan bekerja dengan efektif, sehingga makanan dapat dicerna dengan lebih baik. Tak hanya itu saja, dengan mengunyah makanan pelan-pelan juga membantu mengurangi  rasa keinginan makan terlalu banyak. Oleh karena itu cobalah  untuk mengunyah secara perlahan serta mencicipi tiap gigitan guna membantu sistem pencernaan menyerap  nutrisi  dan mecerna makanan dengan optimal.

 

5. Stop makan setelah makan malam

Disinilah mengapa banyak orang yang gagal diet dan justru menambah berat badan ekstra. Makan  di waktu tengah malam merupakan kebiasaan buruk yang memicu bertambahnya berat badan. Jika kamu masih lapar usai makan malam, cobalah untuk banyak minum air putih dan makan buah  serta  hindari cemilan yang berkalori tinggi. Dengan menyikat gigi setelah makan juga membantu  mengurangi nafsu untuk makan lagi. 

6. Utamakan mengonsumsi makanan sehat

Sebelum memulai memakan hidangan utama, coba untuk memulainya dengan salad atau sup untuk  mengurangi rasa lapar yang berlebih. Dengan cara ini otomatis akan mengurangi rasa lapar sehingga tidak akan melahap makanan secara berlebihan saat waktunya  hidangan utama.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading