Sukses

Health

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Olahraga, Sehat dan Membantu Pertumbuhan Otot

Fimela.com, Jakarta Olahraga dilakukan untuk mencapai tujuan seperti membentuk otot, membakar lemak, atau menciptakan tubuh sehat. Berkeringat saat olahraga membuat tubuh kehilangan banyak cairan dan butuh asupan yang tepat untuk pulih. Dengan begitu makanan yang dikonsumsi setelah olahraga menjadi komponen penting. Tak hanya untuk memulihkan cairan tubuh, jenis makanan tertentu penting untuk pembentukan otot maksimal. Bila makan sembarangan, maka otot yang dilatih selama olahraga akan sia-sia.

Melansir dari Verywell Fit melewatkan makan setelah olahraga dapat menghilangkan keseimbangan tubuh. Dampaknya, tubuh akan lesu dan tidak bersemangat karena nutrisi tubuh tidak dipulihkan. Agar kesehatan lebih maksimal, konsumsi 5 makanan berikut setelah olahraga demi menunjang kesehatan tubuh.

1. Susu Cokelat

Susu cokelat memiliki semua kandungan yang dibutuhkan tubuh setelah olahraga seperti karbohidrat, protein, cairan, dan elektrolit. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan sintesis, rehidrasi protein otot, dan meredakan nyeri otot setelah olahraga.

2. Telur dan Roti Gandum

Apapun cara mengolahnya, telur dan roti gandum adalah pilihan tepat untuk dikonsumsi setelah olahraga. Kombinasi ini sangat kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh. Tambahkan sayur dan olah roti dengan dipanggang untuk menyediakan karbohidrat berkualitas tinggi.

3. Buah dan Kacang-kacangan

Buah dan kacang yang kaya akan lemak sehat, karbohidrat, dan protein mampu memulihkan tubuh setelah olahraga. Makanan ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi smoothie agar lebih nikmat. Peneliti menambahkan akan lebih baik bila buah yang dikonsumsi adalah buah ceri. Hal ini karena ceri mengandung fitokimia dengan sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi yang meningkatkan pemulihan kekuatan otot setelah olahraga.

4. Yogurt dan Buah Beri

Kombinasi yogurt yang tinggi protein dan buah beri yang mengandung antioksidan tepat untuk memulihkan otot setelah olahraga berat. Agar lebih nikmat, tambahkan granola untuk penambah rasa.

5. Selai Kacang dan Pisang

Paduan selai kacang dan pisang akan memberi potasium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Selain sehat, kombinasi makanan ini juga terasa nikmat.

Untuk meraih tubuh sehat dan kuat, olahraga teratur harus diiringi dengan mengonsumsi makanan sehat. jangan lupa untuk rutin minum air putih agar cairan tubuh tetap terpenuhi selama olahraga.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading