Sukses

Health

5 Cara Fokus Kerja Ketika Tubuh Kurang Tidur

Fimela.com, Jakarta Bagaimana cara mengatasi kantuk saat kamu kurang tidur? Tentu susah sekali bukan? Tantangan ini seringkali terjadi terutama di bulan Ramadan atau saat kita sibuk dengan suatu hal sehingga menuntut kita untuk begadang di malam hari.

Kurang tidur bukan bisa menyebabkan kurangnya konsentrasi di siang hari, tapi juga bisa menurunkan produktivitas dan membuat suasana hati lebih sesnitif, terutama lebih mudah marah atau tersinggung. Karena itu, akan lebih baik jika kita bisa mengetahui cara mengatasi kantuk jika tubuh kurang tidur. Ini beberapa cara fokus kerja saat tubuh kurang tidur.

1. Minum kopi

Sepertinya ini bukan cara yang baru, semua orang pasti sudah tahu. Kopi memiliki kandungan kafein, dan semua orang tahu bahwa kopi adalah minuman paling ampuh agar mata melek. Kopi sepertinya sudah menjadi minuman wajib bagi semua orang agar tidak mengantuk selama bekerja atau beraktivitas di siang hari. Namun ketahui juga batasan yang wajar dan sehat untuk tubuhmu, karena tidak semua orang bisa tahan minum banyak kopi.

2. Menyempatkan tidur siang

Jika punya sela waktu 30 menit saja, gunakan untuk tidur siang. Akan lebih baik lagi jika bisa punya waktu tidur 1-2 jam. Meskipun bisa tidur sebentar saja sebenarnya sudah sangat membantu menyegarkan otak dan membuat mata lebih melek. Tapi jika tidak punya waktu untuk tidur siang, sebisa mungkin minumlah minuman dingin agar lebih segar.

3. Tarik nafas panjang selama 10 menit

Cobalah duduk dan tarik napas panjang perlahan selama 10 menit. Rasa kantuk mudah muncul ketika otak kekurangan oksigen. Jadi ketika kamu menyempatkan waktu untuk bernapas panjang dengan tenang, maka otak akan mendapatkan cukup oksigen sehingga aliran darah lebih baik dan kinerja otak meningkat. Kurang oksigen membuat otak melemah, terutama menunjukkan reaksi kantuk.

4. Kurangi makan karbohidrat

Karbohidrat terlalu tinggi, apalagi makanan dan minuman tinggi gula mudah sekali meningkatkan insulin dan membuat mata mengantuk. Jadi kurangi sebisa mungkin mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti nasi putih, roti tawar, kue, gorengan, minuman manis dan lain sebagainya. Ganti dengan makan banyak sayur, protein dan buah. Serat dan protein mampu meningkatkan metabolisme sehingga tubuh lebih aktif dan mecerah rasa kantuk muncul.

5. Cuci muka atau keramas

Jika dulu guru di sekolah sering menyuruh muridnya untuk cuci muka ketika ketiduran di kelas, sebenarnya itu bukan perintah asal. Cuci muka ternyata memang efektif membuat wajah segar sehingga mata melek. Begitu juga dengan keramas saat mandi. Jika mata masih merasa mengantuk, coba mandi keramas agar kepala terasa dingin sehingga bisa lebih fokus dan kooperatif diajak untuk bekerja atau berpikir.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading