Sukses

Health

Tips Jaga Berat Badan agar Tetap Stabil Selepas Lebaran

Fimela.com, Jakarta Lebaran memang sudah usai. Namun, di beberapa daerah lebaran masih cukup ramai. Belum lagi, beberapa hari lagi di beberapa daerah ada lebaran ketupat di mana hari ini bisa lebih ramai dari hari-hari sebelumnya. 

Lebaran selama ini identik dengan adanya aneka menu masakan dan kue kering lebaran. Beberapa orang juga menyajikan minuman manis sebagai pendamping aneka masakan seperti opor, sate, gulai juga soto. Karena sajian lebaran, banyak orang menemukan berat badannya terus bertambah selepas lebaran. 

Lantas, bagaimana agar berat badan tetap stabil selepas lebaran? Mengutip dari laman liputan6.com, inilah beberapa tips agar berat badan tetap stabil di tengah banyaknya sajian makanan di rumah selama lebaran. Simak baik-baik tipsnya ya.

Minum Sebelum Makan

Tips pertama untuk jaga berat badan tetap stabil adalah minum sebelum makan. Pastikan untuk minum air putih sebelum makan. Minum sebelum makan akan membantumu merasa lebih kenyang meski tak makan banyak. 

Saat makan, usahakan juga untuk makan secara perlahan. Makan secara perlahan akan membantu makanan terkunyah secara maksimal hingga benar-benar halus. Saat makanan terkunyah dengan baik, ini memungkinkan makanan tersebut dicerna dengan lebih baik pula. Makan secara perlahan juga akan membantumu merasa cepat kenyang meski tak makan banyak.

Perbanyak Aktivitas Fisik

Pastikan untuk memperbanyak aktivitas fisik dan gerak tubuh. Imbangi seberapa banyak kamu makan, dengan aktivitas fisik yang cukup. Hindari aktivitas yang membuatmu banyak berdiam diri, tiduran atau hanya duduk-duduk. Ketika kamu menambah porsi makanmu, sebaiknya tambah pula aktivitas fisikmu. 

Miliki juga olahraga cukup setiap harinya. Bahkan jika olahraga itu hanya sebatas jalan kaki. Usahakan untuk beristirahat cukup setiap harinya. Hindari begadang saat malam untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Jaga Asupan Kalori

Tips selanjutnya agar berat badan tetap stabil selepas lebaran adalah jaga asupan kalori. Orang dewas setidaknya membutuhkan asupan kalori sebanyak 2000an kkal setiap harinya. Kebutuhan ini terbagi dalam tiga kali porsi makan besar dan dua kali porsi asupan makanan ringan. 

Kamu bisa meghitung sendiri berapa kalori yang kamu butuhkan setiap harinya. Hindari konsumsi makanan yang melebihi kebutuhan kalori tubuh. Selain bikin gemuk, kalori berlebihan yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan aneka masalah kesehatan. 

Itulah sekian tips menjaga berat badan agar tetap stabil selepas lebaran. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading